Massker Sapa Warga Kecamatan Abang, Perajin Minta Akses Modal dan Pemasaran

  • Whatsapp
IGA Mas Sumatri saat kampanye di Kecamatan Abang, Rabu (14/10/2020). Selain berharap Sumatri menang dan melanjutkan ke periode kedua, warga juga minta akses modal dan pemasaran produk kerajinan batok kelapa. Foto: Ist
IGA Mas Sumatri (tengah) saat kampanye di Kecamatan Abang, Rabu (14/10/2020). Selain berharap Sumatri menang dan melanjutkan ke periode kedua, warga juga minta akses modal dan pemasaran produk kerajinan batok kelapa. foto: Ist

KARANGASEM – Paslon Pilkada Karangasem nomor urut 2, IGA Mas Sumatri-I Made Sukerana (Massker), Rabu (14/10/2020) kampanye di enam lokasi di Kecamatan Abang.

Di Banjar Kikian, Desa Abang, Massker mendapat sambutan hangat dari warga, terutama para ibu-ibu. Dalam pertemuan yang dilaksanakan di balai banjar, Mas Sumatri banyak menyerap aspirasi dari masyarakat yang hadir.

Bacaan Lainnya

Menurut Yanti, salah satu warga, selama ini banyak bantuan dari Sumatri selama menjabat Bupati. Dia berharap Sumatri bisa menang dan terpilih kembali menjadi Bupati untuk periode kedua, sehingga bisa menyejahterakan masyarakat kurang mampu seperti dia. “Ibu Mas Sumatri itu wanita hebat, kami yakin beliau mampu membawa perubahan bagi Karangasem,” cetusnya.

Usai mendengar pemaparan Sumatri, warga kompak menyatakan dukungan kepada Massker dengan mengacungkan salam dua jari

Dalam kampanye kali ini, Sumatri juga mengunjungi sentra kerajinan batok kelapa di Banjar Waliyang, Desa Abang guna berdialog dengan para perajin dan pemilik usaha kerajinan. Salah satu pemilik sentra kerajinan batok kelapa, Desak Gede Ayu Arini Alit, berkata mempekerjakan 30 warga.

Kendalanya saat ini yakni modal dan pemasaran. “Karena itu kami berharap setelah terpilih menjadi Bupati Karangasem untuk periode kedua, Ibu Mas Sumatri bisa membantu para perajin untuk modal usaha dan pemasaran,” pintanya.

Baca juga :  Pedagang Tidak Bermasker Disasar Operasi Yustisi

Selama menjadi Bupati Karangasem, Sumatri banyak membantu para perajin di Karangasem. Pada masa pandemi Covid-19 yang masih terjadi hingga saat ini, pesanan kerajinan mengalami penurunan. Perajin mulai kesulitan untuk pemasaran, dan untuk bangkit dari keterpurukan itu Desak dan perajin lain butuh suntikan modal untuk usaha.

Hal senada disampaikan AA Ayu Mahesarani Karang, perajin batok kelapa dan budidaya jamur tiram. Mantan Perbekel Abang itu berkata, dia dan perajin lain sangat berharap agar Mas Sumatri setelah terpilih kembali sesegera mungkin menjalankan visi-misi serta program kerjanya. Terutama, sambungnya, upaya membangkitkan industri rumahan di Karangasem yang terpuruk oleh dampak pandemi.

“Yang kami butuhkan akses bantuan modal usaha dan pemasaran. Kami berharap Ibu Mas Sumatri bisa bergerak cepat membangkitkan sektor riil Karangasem yang terpuruk akibat pandemi,” pintanya.

Sumatri menyampaikan, sektor riil seperti industri rumahan seperti kerajinan batok kelapa akan jadi salah satu pusat perhatian Massker dalam lima tahun ke depan. “Industri rumahan harus kita jaga agar bisa terus berkembang. Apalagi kita tengah mengembangkan pariwisata spiritual berbasis desa adat, ini bisa menjadi salah satu industri penunjang wisata,” tegasnya.

Selama menjabat sebagai Bupati, dia berupaya keras menghidupkan industri rumahan di Karangasem dengan berbagai program yang diluncurkan. “Kami akan bantu akses modal usaha dan juga pemasaran hasil kerajinan untuk menggairahkan kembali industri rumahan. Program One Village One Product (OVOP), jadi ini harus dikembangkan agar bisa menyerap lebih banyak lagi pekerja,” tandasnya. 017

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.