Manfaatkan Peluang, Perajin Endek Diminta Inovatif

  • Whatsapp
PERAJIN tenun endek di Kecamatan Blahbatuh, Gianyar. Foto: adi
PERAJIN tenun endek di Kecamatan Blahbatuh, Gianyar. Foto: adi

GIANYAR – Dirilisnya SE Gubernur Bali Nomor 04/2021 tentang Penggunaan Kain Tenun Endek Bali memberi peluang perajin endek di Kabupaten Gianyar untuk memperluas usahanya. Bupati Gianyar, Made Agus Mahayastra, Kamis (18/2/2021) minta perajin endek di Gianyar untuk berinovasi demi dapat memperluas pasar.

Tidak hanya untuk berpakaian adat, tapi juga bisa digunakan untuk pakaian modern, termasuk untuk dikenakan sehari-hari. “Saya harap kain tenun endek tidak untuk kegiatan upacara adat, tapi juga untuk semua kalangan masyarakat sehari-hari,” pesannya.

Bacaan Lainnya

Pemilik usaha Putri Ayu, Ida Bagus Adnyana, mengaku sangat mendukung penerapan SE Gubernur itu. Bagi dia, kebijakan itu sangat berpihak kepada sektor UKM, khususnya perajin endek. Menurutnya, perajin tenun di Kecamatan Blahbatuh sudah menginovasikan kain tenun endek dalam pakaian adat Bali. Antara lain inovasi busana adat laki-laki dibuat satu paket dari udeng, baju, saput/kampuh dan kain. “Untuk wanita juga satu paket menggunakan kebaya, kain, dan senteng pakai inovasi kain endek,” jelasnya. 

Dia sangat berharap para desainer bisa melibatkan perajin tenun endek dalam menciptakan gaya busana adat Bali. Jika itu terwujud akan sangat membantu perajin Gianyar dalam berinovasi mengembangkan produk endek Bali.

Baca juga :  Cegah Penyebaran Covid-19, Fasilitas Umum di Denpasar Mulai Ditutup

Kain tenun endek, jelasnya, tidak bisa disamakan dengan kain batik pabrik. Sebab, penciptaan paket busana adat berbahan kain endek juga bagian dalam memudahkan pemasaran produk endek Bali kepada masyarakat secara luas. “Di Gianyar, kain endek bisa ditambahkan dengan penempatan pucuk bang sebagai bagian identitas Kabupaten Gianyar. Ini juga inovasi perajin dalam pengembangan desain kain endek,” pungkasnya. adi

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.