Karantina Pasien Covid-19 di Hotel Dihentikan Sementara, Diarahkan Isolasi Mandiri di Rumah, Tunggu Bantuan Sewa Hotel dari Pusat

  • Whatsapp
SEKRETARIS Satgas Penanganan Covid-19 Provinsi Bali, Made Rentin. Foto: ist
SEKRETARIS Satgas Penanganan Covid-19 Provinsi Bali, Made Rentin. Foto: ist

DENPASAR – Sekretaris Satgas Penanganan Covid-19 Provinsi Bali, Made Rentin, mengungkapkan, isolasi bagi orang atau pasien Covid-19 tanpa gejala hingga gejala ringan (OTG-GR) selama ini dilakukan di hotel. Maksimal perawatan pasien tersebut selama 10 hari. “Pembayaran hotelnya ditanggung oleh pemerintah yang bersumber dari DSP-BNPB,” ujarnya, Jumat (19/2/2021). 

Namun, lanjut dia, pembayarannya hanya berlaku sampai 28 Februari 2021. Dengan demikian, per 19 Februari 2021, karantina bagi pasien OTG-GR di hotel dihentikan sementara. “Sembari menunggu kepastian berlanjut atau tidaknya bantuan pembayaran hotel karantina pasien OTG-GR dari Menko Perekonomian,” jelas Rentin.

Bacaan Lainnya

Dia menambahkan, mengingat belum adanya kepastian pembayaran hotel karantina OTG-GR mulai Maret 2021, maka evaluasi kasus positif ke hotel terhitung mulai tanggal 19 Februari 2021 dihentikan sementara dan diarahkan untuk isolasi mandiri di rumah.Oleh karena itu, pihaknya meminta pihak hotel agar menyesuaikan hal tersebut.

Kendati demikian, pihaknya berharap agar bantuan pembayaran hotel karantina pasien OTG-GR di Bali berlanjut. “Hari ini masih menunggu kepastian dari Pak Menko Perekonomian. Semoga dilanjutkan bantuan untuk Bali,” tandasnya.

Rentin mengatakan, selama ini pasien OTG-GR di Bali banyak yang diisolasi mandiri di rumah masing-masing dengan pengawasan ketat dari Satgas Gotong Royong Penanganan Covid-19 berbasis Desa Adat. Sebab, arahan dari pemerintah agar pasien OTG-GR diisolasi mandiri. Hanya yang bergejala dirawat di hotel atau ke rumah sakit. “Sebenarnya arahan nasional pasien OTG-GR isolasi mandiri, hanya yang bergejala dibawa ke hotel atau ke Rumah Sakit,”ungkapnya.

Baca juga :  Egy Maulana Vikri nyaris Ditangkap Aparat Kepolisian Polandia

Sementara itu, karantina bagi tenaga kesehatan (nakes) masih bisa dilakukan sebab Kemenparekraf membiayai hotel karantina bagi nakes pada bulan Maret hingga April 2021. alt

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.