Bupati Mahayastra Rotasi 72 Pejabat di Gianyar

  • Whatsapp
BUPATI Gianyar Made Mahayastra merotasi 72 birokrat di lingkungan Pemkab Gianyar, Senin (6/9). Foto: adi
BUPATI Gianyar Made Mahayastra merotasi 72 birokrat di lingkungan Pemkab Gianyar, Senin (6/9). Foto: adi

GIANYAR – Tiga tahun memimpin Kabupaten Gianyar, Bupati I Made Mahayastra berupaya terus mempercepat gerak birokrasi. Dengan berbagai evaluasi, Mahayastra merotasi 72 birokrat dalam jabatan pimpinan tinggi pratama dan jabatan administrasi di lingkungan Pemkab Gianyar, Senin (6/9/2021).

“Saya sampaikan, pertama, rotasi dilakukan untuk mengisi jabatan yang lowong. Kedua, memang kebutuhan organisasi setelah tiga tahun ada evaluasi. Dalam evaluasi ada yang berprestasi kami promosikan, atau digeser ke tempat yang lebih pas. Ada juga evaluasi karena mereka tidak bisa melaksanakan pekerjaannya dengan baik, seperti ada hal hal tercela atau hal lainnya,” terangnya.

Bacaan Lainnya

Baginya, setelah visi-misi Bupati menjadi suatu program, yang menjadikannya berhasil adalah birokrasi. Karena itu dibutuhkan formasi yang bagus untuk menjalankan program. Mengatur ribuan orang sangat sulit, makanya perlu formasi yang pas. “Karena sebagus apapun program visi-misi Bupati yang tertuang dalam RPJMD, kalau mesinnya tidak bekerja dengan baik tetap tidak akan berjalan,” tegasnya.  

Ditanya mengenai perombakan besar-besaran di Dinas Kesehatan, Mahayastra mengaku kurang puas dengan kinerja instansi ini. Dia berujar sedari awal memperingatkan setelah sebenarnya tiga atau enam bulan birokrasi di instansi ini sudah bisa berjalan. Sayang, sampai sekarang manajemennya tidak bagus. Karena itu pula dia menaruh orang-orang luar untuk bekerja di sana, baik dalam hal vaksinasi, tracing (telusur), testing dan treatment (perawatan), termasuk koordinasi dengan rumah sakit negeri dan swasta.

Baca juga :  Milenial Bintang Sembilan NTB Gelar Haul Gus Dur Ke-11, Prof. Masnun: Pemikiran Gus Dur Melebihi Zamannya

“Semestinya mereka bisa melakukan sendiri, tapi masih memerlukan tangan orang karena manajemennya yang tidak bagus. Itu harus diperbaiki, sehingga saya banyak menaruh pejabat baru di sana,” serunya.

Dengan melakukan rotasi ASN, Mahayastra menarget birokrasi harus bekerja dengan cepat. Setelah pengalaman tiga tahun bekerja dengan kecepatan tinggi, kini harus lebih cepat lagi. Begitu pula keputusan di tingkatannya harus segera berani diambil.

Mengenai jabatan Camat Tegalalang yang diisi Wayan Ari Trisna Handayani, yang juga perempuan camat pertama dan satu-satunya di Gianyar, dia berkata ingin memberi warna lain. Alasannya, perempuan terlahir dengan ketelitian, keibuan, dan biasanya punya ketegasan.

Rotasi juga dilakukan di organisasi perangkat daerah lainnya, seperti I Made Suradnya yang semula menjabat Asisten Perekonomian dan Pembangunan Setda Kabupaten Gianyar, kini menjabat sebagai Kepala Dinas Pendidikan. Dia bertukar posisi dengan I Wayan Sadra. Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil, I Putu Gede Bayangkara; kini menjabat sebagai Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan setelah bertukar posisi dengan Cokorda Gde Agusnawa.

Dinas Kesehatan yang mengalami perombakan besar-besaran, kini dinakhodai Ida Komang Upeksa, yang sebelumnya menjabat Direktur RSUD Sanjiwani, Gianyar. Upeksa dibantu Ni Nyoman Ariyuni sebagai Sekretaris Dinas Kesehatan, I Gusti Putu Suamba sebagai Kepala Bidang Sumber Daya Kesehatan, Ni Wayan Sarni sebagai Kepala Bidang Pelayanan Kesehatan, Oliva Rao sebagai Kabid Kesehatan Masyarakat, dan I Putu Awan Saputra sebagai Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit. Semua pejabat yang baru di Dinas Kesehatan merupakan ASN yang mengalami rotasi ataupun promosi dari OPD lainnya.

Baca juga :  Arak Gula Dianggap Ancam Petani Arak Tradisional

Promosi jabatan lainnya juga didapat I Wayan Arsana, yang dulu menjabat Kepala Bagian Kesejahteraan Rakyat, kini menjadi Kadis Koperasi dan UKM. Dr. Nyoman Bayu Widhiartha yang semula menjabat Kepala Bidang Penunjang Medis di RSUD Sanjiwani, kini naik jabatan sebagai Pj. Direktur RSUD Sanjiwani Gianyar.

Jabatan di tingkat camat juga mengalami rotasi, seperti I Komang Alit Adnyana dari Camat Tegallalang kini menjabat Pj. Camat Gianyar. Camat Blahbatuh kini diisi Wayan Gede Eka Putra, menggantikan posisi IB Darmayuda yang dirotasi sebagai Sekretaris Dinas Perumahan, Kawasan Permukiman dan Pertanahan. I Wayan Suwija kini menjabat sebagai Camat Ubud, I Wayan Widana yang sebelumnya sebagai Camat Gianyar kini menjabat sebagai Camat Payangan.

Mengakhiri sambutannya, Mahayastra mengucapkan selamat bekerja kepada seluruh pejabat dan tenaga administrasi yang baru dilantik. “Selamat bekerja, tidak ada lagi belajar tapi bekerja. Saya yakin Anda mampu dengan berbagai pengalaman dan posisi serta tunjukkan loyalitas,” pesannya mengingatkan. adi

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.