Kepala SMP Akui ANBK Gelombang Kedua Berjalan lancar

KADISDIKPORA AA Gede Wiratama foto bersama Kasek I Made Radita Berata saat memantau ANBK di SMP PGRI 5 Denpasar, Kamis (22/9/2022). Foto: tra
KADISDIKPORA AA Gede Wiratama foto bersama Kasek I Made Radita Berata saat memantau ANBK di SMP PGRI 5 Denpasar, Kamis (22/9/2022). Foto: tra

DENPASAR – Sejumlah SMP di Kota Denpasar, memilih melaksanakan asasmen nasional berbasis komputer (ANBK), pada gelombang kedua, mengakui semuanya berjalan lancar tanpa hambatan. Kamis (22/9/2022) ANBK di SMP PGRI 5 dan SMP PGRI 3 Denpasar dipantau  Kepala Dinas Pendidikan Kepemudaan dan Olahraga (Disdikpora) Kota Denpasar, Drs. AA Gede Wiratama, M.Ag.

Kepala SMP PGRI 5 Denpasar, I Made Radita Berata, S.Pd.,  mengatakan, memilih melaksanakan pada gelombang kedua, untuk menghindari crowded (penuh sesak) yang disebabkan oleh sibuknya server saat pelaksanaan ANBK gelombang pertama.  ‘’Kami memilih gelombang kedua, karena pengalaman yang kesatu ada trouble, tetapi saat gladi masih ada juga hambatan, namun saat pelaksanaan semuanya aman,’’ katanya.

Bacaan Lainnya

Ia menyebutkan, ANBK diikuti siswa kelas delapan sebanyak 45 siswa sebagai peserta utama dan ada 5 siswa cadangan, semuanya hadir, tanpa halangan. ANBK dibagi dalam tiga sesi. Masing-masing sesi diikuti 15 peserta dengan melibatkan pengawas silang sub rayon dari SMPN 2 Denpasar.

‘’Semuanya hadir ada 45 orang dan menggunakan laboratorium komputer, jikapun berhalangan yang cadangan siap dan kami juga siapkan komputer termasuk cadangannya, jadi jika ada masalah langsung teratasi,’’ kata Radita Berata.

Baca juga :  Persiapan “Karya Ngusaba Kelima” di Pura Kehen, Kapolres Bangli Imbau Prokes Diperketat

ANBK di SMP PGRI 5 Denpasar menggunakan mode daring dengan ketersediaan bandwich internet sebesar 100MB. ‘’Astungkara kami sudah bisa mandiri menyelenggarakan ANBK,’’ ujar Radita Berata.

Sementara di SMP PGRI 3 Denpasar, peserta juga ada 45 orang didampingi dengan pengawas dan operator yang bertugas untuk memastikan semuanya berjalan lancar tanpa ada halangan. Kasek Ni Made Chandra Widayanti, S.Pd, mendaku, memilih pelaksanaan gelombang kedua sehingga bisa berjalan lancar, dengan peserta berjumlah 45 orang dan lima cadangan yang sudah hadir juga.

‘’Kami mengikuti di gelombang kedua, dan semua peserta dari kelas delapan hadir, pada pelaksanaan per sesi, dan juga berjalan lancar, sehingga tidak ada masalah,’’ katanya.

Di SMP PGRI 3 Denpasar, ANBK juga dibagi dalam tiga sesi. Pengawas ruangan melibatkan guru dari SMPN 4 Denpasar.

Kadisdikpora Kota Denpasar, AA Gede Wiratama, mengatakan, para siswa yang mengikuti ANBK ini merupakan duta sekolah. Di tangan anak-anak inilah nantinya terlihat gambaran mutu sekolah. Jika para siswa ini melaksanakan ANBK dengan sungguh-sungguh, maka hasilnya tentu akan bagus pula.

Para peserta, lanjut Wiratama, ini dipilih oleh Kemendikbudristek secara rundown. ANBK muaranya adalah untuk peningkatan mutu pendidikan sekolah. ‘’Kita berharap ke depannya para siswa yang mengikuti ANBK ini adalah benar-benar siswa yang dapat mewakili sekolah, karena ANBK ini menjadi rapor sekolah,’’ katanya menandaskan. tra

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.