Kemendikbudristek Apresiasi ANBK SMP di Denpasar Berjalan Tertib dan Lancar

TIM Pengembang Teknologi Pembelajaran Direktorat SMP Kemendikbudristek, bersama Kadisdikpora AA Gede Wiratama saat memantau ANBK di SMPN 7 Denpasar. Foto: ist
TIM Pengembang Teknologi Pembelajaran Direktorat SMP Kemendikbudristek, bersama Kadisdikpora AA Gede Wiratama saat memantau ANBK di SMPN 7 Denpasar. Foto: ist

DENPASAR – Pengembang Teknologi Pembelajaran Direktorat SMP Kemendikbudristek, Arif Fatoni, memantau pelaksanaan Asesmen Nasioanal Berbasis Komputer (ANBK) di SMPN 7 Denpasar dan SMP Sapta Andika Denpasar, Rabu (21/9/2022). Turut mendampingi Kepala Dinas Pendidikan Kepemudaan dan Olahraga (Disdikpora) Kota Denpasar, Drs. AA Gede Wiratama, M.Ag., dan Kabid Pembinaan SMP Disdikpora Kota Denpasar, AA Putu Gede Astara, ST.

Di hadapan civitas SMPN 7 Denpasar, ia menyampaikan apresiasinya karena SMPN 7 Denpasar melaksanakan ANBK secara mandiri. Lebih lanjut ia menyampaikan, berdasarkan hasil pemantauannya secara keseluruhan ANBK berlangsung lancar.

Bacaan Lainnya

“Kegiatan ANBK berjalan lancar dan tertib, terima kasih kepada tim ANBK dan civitas SMPN 7 Denpasar, semoga hasilnya seperti yang kita harapkan semua,” ujarnya.

Kepala SMPN 7 Denpasar, I Wayan Sugianta, S.Pd., M.M., M.Fis., mengatakan, ANBK di SMPN 7 Denpasar dilaksanakan satu sesi dari pukul 07.30 s.d 09.40 Wita. Sebanyak 45 siswa kelas 8 mengikuti ANBK dibagi dalam tiga ruangan. Tiap ruangan berisi 15 siswa.

Peserta didik yang mengikuti ANBK adalah peserta didik yang terpilih secara acak (random) yang ditetapkan Kemendikbudristek. Pengawas ruangan melibatkan guru dari MTs Al-Ma’ruf Denpasar. Adapun ANBK berlangsung selama dua hari, yakni Rabu (21/9/2022) dan Kamis (22/9/2022).

Baca juga :  Golkar Bantu Korban Banjir di Pekutatan

Wayan Sugianta juga memberikan apresiasi kepada para proktor dan teknisi. Ia menyampaikan ucapan terima kasih atas kerja samanya dalam mendampingi dan membimbing para peserta didik sejak awal simulasi, gladi sampai pelaksanaan ANBK. “Astungkara hari ini (kemarin) ujian berjalan lancar tidak ada masalah dengan komputer maupun sinyal, semoga besok (hari ini) juga lancar semua, swaha,” tuturnya.

Saat itu, Wayan Sugianta, juga melaporkan prestasi teranyar yang diraih anak didiknya. Di antarnya, meraih medali perak OSN IPA jenjang SMP/MTS tingkat nasional dipersembahkan oleh Ni Kadek Belinda Maheswari Prahsini. Berikutnya, meraih medali emas Olimpiade Sains Pelajar Nasionnal (OSPN) Garuda
Sains Indonesia 2022 Bidang IPA diraih oleh Ni Komang Trisna Anandia Putri. Dan sejumlah prestasi bergengsi lainnya.

Sementara itu, di SMP Sapta Andika Denpasar, menurut Kasek I Gede Eka Nuryada, ST., ANBK dilaksanakan dalam tiga sesi dengan melibatkan pengawas ruangan dari guru SMPN 7 Denpasar. ANBK di SMP Sapta Andika Denpasar menggunakan mode daring dengan ketersediaan bandwich internet sebesar 100MB.

Kadisdikpora AA Gede Wiratama juga melontarkan apresiasi ANBK di SMPN 7 Denpasar dan SMP Sapta Andika Denpasar, berjalan tertib dan lancar sesuai POS ANBK. Ia menyebutkan, Asesmen Nasional dilaksanakan dengan tiga instrumen, yaitu asesmen kompetensi minimun (AKM Literasi, Numerasi), survei karakter dan survei lingkungan belajar.

Wiratama mengatakan bahwa ANBK merupakan program yang bertujuan untuk memetakan mutu pendidikan. Serta memberi umpan balik kepada penyelenggara pendidikan dan merancang tindak lanjut untuk perbaikan mutu sistem pendidikan.

Baca juga :  Mendag: Seluruh Pasar Rakyat di Jawa-Bali Boleh Buka Selama PPKM

“ANBK merupakan program penilaian terhadap mutu atau kualitas proses belajar-mengajar di setiap sekolah. Penyelenggaraan ANBK bukan Ujian Nasional dan tidak menentukan kelulusan,” jelas Wiratama. tra

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.