Kamar Jenazah RSUD Sanjiwani Penuh, Sekda Gianyar Cari Alternatif Solusi

  • Whatsapp
RUANG Sedap Malam tempat penitipan jenazah di RSUD Sanjiwani Gianya. Foto: adi
RUANG Sedap Malam tempat penitipan jenazah di RSUD Sanjiwani Gianya. Foto: adi

GIANYAR – Penitipan jenazah di RSUD Sanjiwani Gianyar saat ini penuh, sehingga tidak bisa menampung lagi jika ada warga yang akan menitipkan jenazah. Untuk mengatasi hal itu, Sekda Gianyar, Made Gede Wisnu, akan mencari solusi, agar ada opsi lain bagi masyarakat yang ingin menitipkan jenazah. “Ya, kondisinya saat ini memang full (penuh),” ujarnya. 

Penuhnya tempat penitipan jenazah di RSUD Sanjiwani, terangnya, karena ada kepercayaan masyarakat bahwa jenazah yang akan dimakamkan maupun dikremasi harus menunggu hari baik. “Menurut saya, seharusnya begitu meninggal langsung bisa diperabukan dulu atau mekingsan ring geni. Nanti begitu ada hari baik, saat itulah dilakukan upacaranya. Banyak yang sudah melaksanakan seperti ini, bahkan sulinggih pun ada,” ungkapnya. 

Bacaan Lainnya

Wisnu mengakui untuk mengubah kepercayaan masyarakat sangat sulit. Karena itu, pihaknya akan menggelar rapat dengan PHDI dan MDA Gianyar untuk mencari jalan keluar terkait hal ini. Sebab, untuk penambahan kamar jenazah, hal itu tidak memungkinkan dilakukan begitu saja. Sebab, ada aturan dan fasilitas yang harus diperhitungkan.

Nggak mungkin ada penambahan, sebab harus ada treatment (perlakuan) khusus. Akan kami bahas secara detail dengan PHDI dan MDA untuk membahas ini, mudah-mudahan ada solusi terbaik,” tandasnya. adi

Baca juga :  Presiden Jokowi: Fokus Pada 3T dan Tingkatkan Disiplin Protokol Kesehatan

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.