Jaya Negara “Ngayah Nopeng” saat Karya Ngenteg Linggih Banjar Anggabaya

  • Whatsapp
WAKIL Walikota Denpasar, IGN Jaya Negara menarikan topeng saat Karya Mamungkah Lan Ngenteg Linggih Pura Demung Banjar Adat Anggabaya, Kelurahan Penatih, Kecamatan Denpasar Timur. foto: ist

DENPASAR – Wakil Walikota (Wawali) Denpasar, IGN. Jaya Negara menghadiri karya Mamungkah Lan Ngenteg Linggih Pura Demung Banjar Adat Anggabaya, Kelurahan Penatih, Kecamatan Denpasar Timur.

Pelaksanaan Karya Ngenteg Linggih berkenaan dengan selesainya renovasi Bale Kulkul serta beberapa Pelinggih yang dilaksanakan bertahap sejak tahun 2017 dan telah rampung secara keseluruhan pada tahun 2020.

Dengan selesainya renovasi tersebut, krama Banjar Anggabaya melaksanakan karya melaspas dan Mendem Pedagingan bertepatan dengan Puncak karya Saniscara Kliwon Wariga, Sabtu (22/8/2020). Dalam kesempatan tersebut Wakil Walikota IGN Jaya Negara berkesempatan Ngayah Nopeng (menari topeng).

WAKIL Walikota Denpasar, IGN Jaya Negara berdoa sebelum ngayah menari topeng saat karya Mamungkah Lan Ngenteg Linggih Pura Demung Banjar Adat Anggabaya.

Pelaksanaan karya tersebut juga telah menerapkan protokol kesehatan ketat dan secara bergantian melaksanakan persembahyangan. Upacara ini dipuput Ida Pedanda Griya Taman Sari Paang Penatih.

Baca juga :  Setetes Darah Untuk Kemanusian dari Pramuka Bali

Wakil Walikota Denpasar, Jaya Negara mengatakan Kota Denpasar sebagai kota berwawasan budaya tentu denyut kehidupan masyarakatnya tak pernah lepas dari aktivitas adat, seni dan kebudayaan yang kuat.

”Upacara Pemelaspasan ini diharapkan mampu membawa krama banjar kedalam kesejahteraan dan kebaikan jasmani maupun rohani agar dapat terus mendukung pembangunan di Kota Denpasar yang kita cintai ini,” kata Jaya Negara.

Bendesa Adat Anggabaya, I Made Sumadata bersama Manggala Karya I Wayan Adnyana yang disela-sela karya mengatakan, karya ini dilakukan karena pembangunan pembangunan Bale Kukul serta pelingguh ini telah rampung dikerjakan.

Dikatakan, hasil musyawarah warga banjar, diputuskan untuk dilakukan pamugaran bale kukul serta pelinggih yang baru dengan pondasi yang lebih kuat. Dimana renovasi ini dilaksanakan secara bertahap sejak tahun 2017, dengan sumber biaya dari bantuan pemerintah dan urunan warga banjar Anggabaya.

Baca juga :  Awalnya Divonis DB, Ternyata Bocah SD Meninggal karena Positif Covid-19

“Kami bersama warga mengucapkan terimakasih kepada Pemerintah Kota Denpasar, dan Wakil Walikota IGN Jaya Negara karena sudah bisa hadir dan sempat ngayah nopeng serta telah memberikan perhatian serta bantuan kepada warga Banjar Anggabaya,” ujarnya. yes

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.