Jangan Sia-siakan Perjuangan Pahlawan, Tunjukkan Kontribusi kepada Negara

  • Whatsapp
UPACARA peringatan Hari Pahlawan, di Halaman Kantor Bupati Tabanan, Selasa (10/11/2020). foto: gap

TABANAN – Jangan menyia-nyiakan perjuangan para pahlawan. “Mari tunjukkan kontribusi kita kepada bangsa dan negara, dengan menjadi pahlawan masa kini yang memiliki empati untuk menolong sesama, saling menghargai, dan menghormati,” kata Dandim 1619/Tabanan Letkol Inf. Toni Sri Hartanto, saat memimpin upacara peringatan Hari Pahlawan, di Halaman Kantor Bupati Tabanan, Selasa (10/11/2020).

Peringatan Hari Pahlawan kali ini bertema ‘Pahlawanku Sepanjang Masa’, diikuti Forkopimda Tabanan, Ketua DPRD Tabanan, Sekda Tabanan, dan OPD di lingkungan Pemkab Tabanan.

Bacaan Lainnya

Toni Sri Hartanto saat membacakan sambutan Menteri Sosial RI, Juliari P. Batubara, mengatakan, Hari Pahlawan bukan sekadar peringatan tanggal 10 November semata. “Namun, lebih dari itu adalah perjuangan dan pengorbanan para pahlawan yang telah mempertaruhkan nyawa untuk mempertahankan kedaulatan NKRI, yang perlu terus dikenang sepanjang masa,” ujarnya.

Apa yang telah dilakukan para pahlawan, lanjutnya, dapat jadi inspirasi dan memotivasi meneruskan perjuangan. “Bila dulu berjuang mengangkat senjata, maka sekarang berjuang melawan berbagai permasalahan bangsa, seperti kemiskinan, bencana alam, narkoba, paham radikal, dan termasuk berjuang melawan pandemi Covid-19 yang saat ini melanda dunia,” terangnya.

Baca juga :  Pemilih-Paslon di NTB Diajak Manfaatkan TI

Meskipun dalam pandemi Covid-19, peringatan Hari Pahlawan 2020 ini diharapkan dapat digelar dengan khidmat dan tidak kehilangan makna Bahkan dapat memberikan energi tambahan untuk menggugah kesadaran segenap elemen bangsa, untuk terus bersatu mengutamakan persatuan dan kesatuan bangsa.

“Nilai-nilai kepahlawanan seperti percaya kepada Tuhan Yang Maha Esa, rela berkorban dan pantang menyerah, suka membantu, bergotong-royong,perlu terus dirawat dan dipupuk agar tumbuh bersemi di dalam hati sanubari di setiap rakyat Indonesia. Semangat kepahlawanan yang terus menyala dapat dijadikan motor penggerak dalam upaya mengisi kemerdekaan, dalam mewujudkan cita-cita pendiri negeri ini,” imbuh Toni.

Dia menambahkan, apabila setiap anak bangsa Indonesia tertanam semangat dan nilai-nilai kepahlawanan, maka akan dapat menyelesaikan berbagai permasalahan bangsa.

“Jangan menyia-nyiakan perjuangan para pahlawan. Mari tunjukkan kontribusi kita kepada bangsa dan negara, dengan jadi pahlawan masa kini, yang memiliki empati untuk menolong sesama, saling menghargai dan menghormati satu sama lain,” tandasnya. gap

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.