Hipno Motivation di Ashram Gandhi Puri, Membangun Mental Sehat dengan Berpikir Positif

  • Whatsapp
ASHRAM Gandhi Puri bekerjasama dengan DPW PKHI Bali dan IHC Bali menggelar hipno motivation di Ashram Gandhi Puri Sevagram Klungkung. Foto: ist
ASHRAM Gandhi Puri bekerjasama dengan DPW PKHI Bali dan IHC Bali menggelar hipno motivation di Ashram Gandhi Puri Sevagram Klungkung. Foto: ist

KLUNGKUNG – Dalam merayakan hari kesehatan mental sedunia Ashram Gandhi Puri bekerjasama dengan DPW PKHI Bali dan IHC Bali yang mengambil tema “Hipno Motivation For Shantisena Ashram Gandhi Puri” berlokasi di Jalan Sidemen 108A Paksebali, Dawan, Klungkung, tepatnya di Ashram Gandhi Puri Sevagram Klungkung. Pertemuan seperti ini dilakukan setiap Sabtu-Minggu yang dilaksanakan dalam program Shantisena Sanggam yang bertujuan mempertemukan seluruh shantisena Ashram Gandhi Puri Sevagram maupun Ashram Gandhi Puri Chhatralaya.

Kegiatan ini juga dapat membuat shantisena Ashram Gandhi Puri memiliki rasa persaudaraan yang tinggi. Meski masih dalam situasi pandemi Covid-19 acara ini berjalan lancar dan terlihat antusias dari peserta yang begitu semangat mengikuti kegiatan sehingga tidak terasa dari waktu yang dijadwalkan hanya tiga jam menjadi enam jam.

Bacaan Lainnya

Kegiatan ini pun pertama kali dilakukan secara massal dan personal kepada shantisena Ashram Gandhi Puri. Selain itu prosedur protokol kesehatan tetap dilakukan sesuai anjuran dari  pemerintah.

Acara ini dibuka dengan sambutan oleh Ida Rsi Putra Manuaba selaku pengasuh di ashram dan Master Anak Agung Ngurah Lanang Ananda sebagai Ketua DPW PKHI Bali, serta master-master lainnya seperti Master Nyoman Sukarte, Master Bobby Asmara, dan Master Alit selaku pemateri kegiatan ini. ‘’Kesehatan mental (mental health) berbeda dengan sakit mental (mental illnes), kesehatan mental menentukan kualitas hidup manusia, sedangkan sakit mental, membutuhkan bantuan dan terapi khusus untuk penyembuhan,’’ ujar Master Lan Ananda.

Baca juga :  Adaptasi Kebiasaan Baru Melalui Pendekatan Budaya dan Gaya Hidup

Di dalam hipno motivation, Master Bobby Asmara pun memberikan motivasi. ‘’Kata-kata adalah doa, dan harus tetap berpikir positif, apabila kita berpikir positif maka pikiran bawah sadar akan kuat, dan bila kita berpikir negatif maka alam bawah sadar kita akan merespon negatif dan lemah,’’ ujarnya.

‘’Kata-kata yang diucapkan apabila negatif maka akan tetaplah terjadi seperti itu,’’ imbuh Master Nyoman Sukarte.

Salah satu peserta mengatakan, mengenal adanya pikiran bawah sadar yang ternyata pikiran ini banyak menyimpan memori dan emosi yang selama ini kita rasakan dalam hidup. Ini terbukti dari pengalaman pribadi yang dirasakan ketika mendapatkan kesempatan mencoba hipno.

‘’Oleh karena itu, kita adalah apa yang kita yakinin tentang diri kita,’’ ujar Idajuliani salah satu shantisena Ashram Gandhi Puri.

Pelaksanaan kegiatan selanjutnya dibagi menjadi dua kelompok untuk memberi hipno motivation lebih dekat dengan peserta. Setiap peserta mendapat kesempatan untuk memperkenalkan diri tentang kelebihan dan kekurangan dirinya masing-masing.

Usai perkenalan, peserta diarahkan mengikuti terapi dengan tingkat permasalahan yang sama dan diberi motivasi oleh master yang ahli dalam bidangnya, peserta dapat mengeluarkan emosi-emosi masa lalu yang tidak sempat dicurahkan, sehingga peserta dalam kesempatan ini mampu mengungkapkan segala emosi yang terpendam di masa lalu hingga akhirnya peserta merasa lebih baik.

Berjalan lancarnya acara membuat Pengasuh Ashram Gandhi Puri dan Ketua PKHI berencana untuk tetap melaksanakan kegiatan ini secara berkala setiap Sabtu atau Minggu di Ashram Gandhi Puri Sevagram.

Baca juga :  H. Syarifudin Sebut Tugas Plt Bupati KLU Berat

Kesehatan mental sangat penting sekali untuk anak muda atau remaja dalam menanggapi yang terjadi disekitarnya. Kesehatan mental bukannya penyakit mental, melainkan keadaan seseorang dalam penyesuaian emosi dan perilaku yang memuaskan. Kesehatan mental juga dapat mencakup kemampuan individu untuk menikmati hidup dan menciptakan kesimbangan antara aktivitas hidup dan upaya mencapai ketahanan psikologis.

‘’Tetap melangkah dan percaya diri, mari kita nyanyikan hal-hal buruk hidup ini sehingga tetap indah terdengar bila hal buruk hadir dalam hidupmu tetaplah melangkah untuk melewatinya, tanpa terasa hal buruk itu telah menjadi masa lalu,’’ pungkas Ida Rsi Putra Manuaba sebagai akhir dari acara ini. (*)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.