Hebat! Delapan Siswa SMP Denpasar Melaju ke Kompetisi Sains Nasional 2020

  • Whatsapp
REKAP peserta KSN SMP tingkat Nasional Kota Denpasar. Foto: ist

DENPASAR – Prestasi membanggakan dicatat delapan siswa SMP Kota Denpasar pada persaingan memperebutkan ‘tiket’ Kompetisi Sains Nasional (KSN) 2020, yang dulu bernama Olimpiade Sains Nasional (OSN). Pada seleksi tingkat Provinsi Bali yang dilaksanakan secara daring, beberapa waktu lalu, kedelapan siswa itu berhasil mencapai passing grade (standar nilai-red) yang dipersyaratkan.

Hasil itu mengantarkan mereka berhak mengikuti KSN 2020. Kabid Pembinaan SMP Dinas Pendidikan, Kepemudaan dan Olahraga (Disdikpora) Kota Denpasar, Drs. AA Gde Wiratama, M.Ag., menginformasikan hal itu kepada posmerdeka.com, Kamis (22/10/2020).

Bacaan Lainnya

Menurut Agung Wiratama, ada tiga mata pelajaran yang dikompetisikan yakni matematika, IPS, dan IPA.  Pada tiga mata pelajaran itu, Denpasar berhasil meloloskan siswa-siswa terbaiknya ke KSN dengan rincian tiga siswa berlaga di mata pelajaran matematika, IPS (2 orang), dan IPA (3 orang).

Dikatakan, kedelapan siswa itu merupakan yang terbaik dari sekolahnya setelah melalui tahapan seleksi dan kompetisi yang cukup ketat, baik di tingkat Kota Denpasar maupun Provinsi Bali. Hal itu menurutnya tidak terlepas dari jerih payah serta keuletan siswa serta guru pembimbing yang dengan tekun mendidik siswanya sehingga berhasil menjadi juara tingkat provinsi dan berhak maju ke tingkat nasional. ‘’Ini membuktikan bahwa pola pembinaan dan pendidikan di kota ini sudah cukup maju dan tidak pernah kering prestasi,’’ sebutnya.

Baca juga :  Siswa SMP/MTs di Denpasar Lulus 100 Persen

Wiratama mengungkapkan, KSN ini diharapkan dapat mengantarkan peserta didik untuk menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi. Kompetisi ini juga merupakan bagian penting dalam pemerataan prestasi dan memaksimalkan potensi peserta didik bertalenta dan berkarakter dari seluruh pelosok NKRI.

Kedelapan siswa SMP Denpasar yang lolos mengikuti KSN masing-masing adalah Anak Agung Gde Krisna Kesumawijaya (SMPN 1 Denpasar), Putu Wahyu Satya Wiryatama (SMPN 10 Denpasar), dan Satria Edafausta Tjiaman (SMP Dyatmika Denpasar). Mereka bertiga akan berkompetisi pada mata pelajaran matematika.

Selanjutnya, Putu Antania Putri Hapsari (SMP Taman Rama Denpasar), dan I Putu Eka Widiadnyana Putra (SMPN 7 Denpasar) yang akan berlomba pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS). Berikutnya, Ketut Rayana Rahadiva Diana (SMPN 3 Denpasar), I Kadek Andhika Ary Wiguna (SMPN 6 Denpasar), dan Gede Prema Raditya (SMPN 10 Denpasar) berkompetisi pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA).

Agung Wiratama apresiasi dan bangga dengan prestasi yang telah diraih para siswa tersebut, namun mereka kita  harapkan tidak cepat berpuas diri. “Jalan masih panjang. Kami berharap siswa yang berlaga di ajang KSN bisa membawa prestasi dan bisa maju ke tingkat internasional,’’ ucapnya memungkasi. tra

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.