Gianyar Beri Pelatihan Kecakapan Hidup Barista

  • Whatsapp
BUPATI Made Mahayastra (tengah) saat membuka pelatihan kecakapan hidup barista. foto: adi

GIANYAR – Persaingan dalam hidup, titik beratnya ada pada kecakapan, karena itu sangat penting diadakan pelatihan-pelatihan. Modal finansial dalam memulai usaha memang penting, tapi kecakapan atau keterampilan seseorang akan jauh lebih penting.

“Kecakapan akan lebih bermanfaat, kecakapan perlu pelatihan, perlu keterampilan,” seru Bupati Gianyar, Bali, I Made Mahayastra, saat membuka pelatihan kecakapan hidup barista, Rabu (17/3/2021) di Vila Kori Maharani.

Bacaan Lainnya

Dia menyebutkan, keterampilan tidak datang dengan sendiri, maka dari itu perlu peran lembaga yang memiliki kewenangan dalam hal itu. Dalam segala bidang, pemerintah perlu melaksanakan pendidikan keterampilan. “Salah satunya kecakapan hidup barista yang kita laksanakan hari ini, sehingga lahir orang yang punya keterampilan dan keuletan,” tegasnya.

Dengan bermodal kecakapan dan menguasai medan di bidangnya, sambung Mahayastra, seseorang akan berani mulai membuka usaha kecil-kecilan dahulu. Mengenai modal usaha bagi yang ingin membuka usaha, ulasnya, Pemkab Gianyar juga menyiapkan stimulus dan siap memfasilitasi lewat Bank Daerah Gianyar dengan bunga hanya 0,5 persen per bulan.

Dia mengungkapkan, tren minum kopi bagi sebagian besar orang merupakan peluang besar bagi para barista untuk memulai usaha dengan kedai kopi. Mereka dapat menyajikan kopi dengan cita rasa terbaik. Terlebih lagi di era sekarang, sambungnya, banyak orang berdiskusi atau rapat kecil di kedai kopi.

Baca juga :  PP Perbasi dan IBL Serahkan Dokumen Rencana Kompetisi ke Gugus Tugas

“Kalau dulu kopi identik dengan orang tua, sekarang anak muda pacaran minum kopi, orang rapat kecil atau diskusi minum kopi. Jadi, ini merupakan suatu peluang yang baik yang bisa diambil,” ujar Mahayastra seraya berpesan agar para peserta mengikuti pelatihan dengan sebaik-baiknya.

Kepada generasi muda Gianyar, Mahayastra juga mengingatkan untuk dapat bersaing di bidang masing-masing seprofesional mungkin. Dengan begitu akan lahir generasi andal di bidangnya, dan bisa menjadi pengusaha muda sukses.

Kepala Dinas Pendidikan Gianyar, I Wayan Sadra, menambahkan, pelatihan bertujuan melakukan rekrutmen bagi generasi muda yang mengalami pemutusan hubungan kerja tapi tidak memiliki keahlian.

Mereka diedukasi dalam pengembangan kompetensi keahlian, dan nantinya akan terwujud kompetensi andal dalam meningkatkan perekonomian keluarga melalui kewirausahaan. Sebagai muaranya adalah ada jaminan profesionalisme generasi muda dalam meracik kopi.

Pelatihan kecakapan hidup barista ini diikuti 16 orang generasi muda Gianyar, yang akan dilatih selama 20 hari mulai 17 Maret hingga 5 April 2021. adi

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.