Fraksi DPRD Gianyar Setujui Perubahan APBD 2021

  • Whatsapp
PANDANGAN Umum Fraksi DPRD Gianyar atas perubahan APBD 2021. foto: adi

GIANYAR – Fraksi-fraksi di DPRD Gianyar memberi pandangannya terkait rancangan perubahan APBD Gianyar 2021, yang disampaikan Bupati Gianyar, Made Mahayastra, di ruang sidang utama DPRD Gianyar, Selasa (31/8/2021). Hampir semua fraksi memahami kondisi ekonomi Gianyar, sehingga target pendapatan Gianyar mengalami penurunan di semester kedua 2021 ini.

Fraksi PDIP melalui juru bicara I Wayan Suartana mengatakan, pihaknya melihat dalam rancangan APBD Induk 2021, APBD 2021 dirancang 2,6 triliun. Dalam perubahan ini mengalami penurunan Rp133 miliar lebih. Sebelumnya anggaran belanja dirancang Rp2,6 triliun, sekarang turun menjadi Rp2,4 triliun lebih. Sementara PAD saat ini dirancang Rp751 miliar dari sebelumnya Rp884 miliar.

Bacaan Lainnya

Namun, Fraksi PDIP melihat target itu masih cukup besar. Karena itu, fraksi tergemuk ini menyarankan agar Pemkab Gianyar mengoptimalkan pendapatan dari sektor pajak daerah. ‘’Melihat PAD yang dirancang dalam perubahan ini, kami PDIP berpendapat itu cukup tinggi. Kami sarankan ada strategi mengintensifkan pungutan pajak daerah, distribusi, menekan kebocoran pajak dan meningkatkan kesadaran masyarakat untuk bayar pajak, serta menggali sumber pendapatan yang baru,’’ serunya.

Pandangan Fraksi Golkar yang dibacakan I Wayan Gede Sudarta, dan Fraksi Demokrat yang dibacakan Gede Sudiarta, menyatakan menerima rancangan perubahan APBD 2021 untuk dibahas lebih lanjut menjadi peraturan daerah. Namun, mereka berharap perubahan tetap mengedepankan kepentingan masyarakat.

Baca juga :  Golkar Optimis Rai Iswara-Selly Mantra Bersedia Dilamar, Survei Kandidasi Dimulai Akhir Juni

‘’Kami sangat mengharapkan perubahan ini disusun secara cermat, dengan memastikan yang mendapat anggaran ini hanya program yang benar-benar bermanfaat demi kepentingan masyarakat,’’ kata Sudarta.

Sementara Fraksi Indonesia Raya (PKPI-Gerindra), dalam pandangan fraksi yang dibacakan Gusti Ngurah Kapidada, mengingatkan supaya perubahan APBD Gianyar tidak hanya menjadi formalitas. Karena itu, meski menerima, fraksi ini akan mempelajari lebih cermat lagi perubahan APBD Gianyar 2021 ini. ‘’Kami menerima untuk dilanjutkan pembahasannya sesuai tahapannya,’’ ucapnya singkat. adi

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.