Eksekutif Jawab PU Fraksi DPRD Bangli Atas RAPBD 2023

JAWABAN eksekutif atas Pemandangan Umum (PU) Fraksi DPRD Bangli, diserahkan oleh Sekda Ida Bagus Gede Giri Putra ke Wakil Ketua DPRD Bangli, Kamis (22/9/2022). Foto: ist

BANGLI – Sidang paripurna lanjutan di DPRD Bangli dipimpin Wakil Ketua I Nyoman Budiada, didampingi Wakil Ketua I Komang Carles, dengan agenda jawaban eksekutif atas Pemandangan Umum (PU) Fraksi DPRD Bangli, Kamis (22/9/2022). Dari eksekutif, yang membacakan Sekda Ida Bagus Gede Giri Putra.

Dimulai dari PU PDIP, Sekda berkata Pemkab dalam menyusun rencana kerja anggaran tetap berpihak pada kebijakan prorakyat, sehingga dapat meringankan beban masyarakat kecil. Terutama mendukung seni dan budaya melalui penguatan ekonomi kerakyatan, baik melalui program dan kegiatan maupun dalam bentuk hibah, kepada kelompok masyarakat seni dan budaya.

Bacaan Lainnya

Terkait dampak kenaikan harga BBM yang menyebabkan adanya inflasi, Pemkab telah melakukan penyesuaian anggaran Dana Transfer Umum (DTU) sebesar 2 persen dalam Perubahan APBD 2022.

Alokasinya untuk pemberian bantuan sosial, termasuk kepada ojek, UMKM, penciptaan lapangan kerja, dan pemberian subsidi sektor transportasi angkutan umum di daerah. Juga diarahkan membantu petani mendistribusikan hasil pertanian, sehingga dapat meringankan beban petani.

Menjawab PU Fraksi Partai Golkar soal optimalisasi pendapatan daerah, Sekda menyebut Pemkab fokus menekan tingkat kebocoran pemungutan retribusi dan penyetoran pajak daerah. Caranya dengan sistem E-Ticketing, pemungutan melibatkan pihak keamanan terkait, serta menambah petugas pungut.

Baca juga :  Wawali Kadek Agus Arya Wibawa Dilantik Jadi Ketua Kwarcab Gerakan Pramuka Denpasar

Soal penyerahan punia undangan upacara adat dan keagamaan, perlu ada pemahaman bersama bahwa bantuan itu adalah bantuan banten ngupasaksi yang dialokasi di belanja bahan kegiatan kantor lainnya. Nilainya ditetapkan dengan SK Bupati Bangli. Penyerahan secara simbolis tetap dilakukan oleh perwakilan dari Pemkab.

“Terkait penguatan sektor pariwisata, Pemerintah Daerah sangat serius membangun dan menata infrastruktur kepariwisataan pada tahun anggaran 2023. Ini nantinya bisa menciptakan peluang kerja atau peluang usaha yang lebih menjanjikan bagi masyarakat Bangli,” terangnya.

Menanggapi PU Fraksi Partai Demokrat, Sekda menyebut Pemkab tetap serius dan berkomitmen meningkatkan pendapatan asli daerah. Meski dirancang turun jika dibandingkan tahun anggaran 2022, itu disebabkan belum adanya kepastian alokasi Dana Transfer dari pemerintah pusat, khususnya DAK Fisik. Pula Dana Transfer Antar-Daerah dari Pemerintah Provinsi, khususnya terkait alokasi Bantuan Keuangan Khusus.

Tahun 2023, sambungnya, Pemkab mengalokasikan anggaran untuk mengakomodir pokok-pokok pikiran DPRD yang sudah masuk dalam SIPD. Ini rencananya masuk dalam belanja hibah, tapi nominalnya menyesuaikan dengan kondisi keuangan daerah.

Dari PU Fraksi Restorasi Hati Nurani, Sekda menegaskan Pemkab tetap berkomitmen menindaklanjuti aspirasi-aspirasi di masyarakat berupa hibah maupun bantuan sosial, yang bisa diterima langsung oleh masyarakat. Baik yang diterima dari DPRD pada saat reses maupun dari hasil Musrenbang yang dibuat eksekutif, berasaskan keadilan dan pemerataan sesuai ketentuan.

Baca juga :  Penyertaan Modal Perumda Pasar MGS Rp 87 Miliar, Pansus Finalisasi Ranperda

Dalam Rancangan APBD 2023, ulasnya, alokasi tersebut direncanakan tapi tetap menyesuaikan dengan kondisi keuangan daerah. Soal pembangunan infrastruktur di daerah-daerah terpencil, Sekda berkata tetap menjadi perhatian guna mendukung kelancaran pelayanan kepada masyarakat. Baik untuk pelayanan pendidikan, kesehatan serta kelancaran perekonomian masyarakat Bangli.

“Saran-saran dan masukan dari masing-masing fraksi, akan kami jadikan sebagai bahan masukan dan pertimbangan dalam penyusunan APBD pada tahun-tahun berikutnya,” jelasnya. gia

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.