Dukung Bali Bebas Polusi, Grab Hadirkan Sepeda Motor Listrik

  • Whatsapp
GRAB meluncurkan 30 kendaraan motor listrik di Bali pada Kamis (26/11/2020). Hal ini mendukung Pergub Bali Nomor 45 dan 48 Tahun 2019 untuk mewujudkan Pulau Bali yang bersih dan bebas polusi. Foto: ist
GRAB meluncurkan 30 kendaraan motor listrik di Bali pada Kamis (26/11/2020). Hal ini mendukung Pergub Bali Nomor 45 dan 48 Tahun 2019 untuk mewujudkan Pulau Bali yang bersih dan bebas polusi. Foto: ist

DENPASAR – Grab mempertegas komitmen jangka panjangnya untuk membangun Indonesia melalui peluncuran Kendaraan Berbasis Listrik (KBL) di Bali. Bersama dengan PLN Unit Induk Distribusi (UID) Provinsi Bali, Dinas Perhubungan Provinsi Bali, PT Pegadaian, Astra Honda Motor, dan Panasonic, pada Kamis (26/11/2020), Grab meluncurkan 30 kendaraan motor listrik dan Stasiun Penukaran Baterai Kendaraan Listrik Umum (SPBKLU) di tujuh titik yang tersebar di seluruh Bali.

Hal ini merupakan bentuk dukungan terhadap Peraturan Gubernur (Pergub) Bali Nomor 45 dan 48 Tahun 2019 tentang Energi Bersih dan Penggunaan Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai untuk mewujudkan Pulau Bali yang bersih melalui lalu lintas dan angkutan jalan yang ramah lingkungan. Teknologi ini sekaligus mengimplementasikan Perpres Nomor 55 Tahun 2019 tentang memasyarakatkan KBL di Indonesia.

Bacaan Lainnya

“Dengan peluncuran di Bali, Grab kini menjadi perusahaan pertama yang mengoperasikan lebih dari 5.000 kendaraan listrik di Indonesia,” ujar Neneng Goenadi selaku Country Managing Director Grab Indonesia.

Dia menjelaskan, untuk mendukung misi pemerintah dalam mengurangi emisi karbon hingga 29 persen pada 2030, Grab telah meluncurkan peta jalan ekosistem kendaraan listrik di Indonesia pada 2019 lalu. “Melalui kolaborasi bersama sejumlah pihak seperti PLN dan Pegadaian, kami ingin berterima kasih kepada pemerintah daerah serta dinas terkait di Bali yang berbagi visi yang sama dalam memajukan perkembangan transportasi berbasis listrik di Indonesia,” ujar Neneng.

Baca juga :  Sungai Ayung Meluap, Suplai Air Bersih ke Badung Selatan Terganggu

Gubernur Bali, Wayan Koster, menyambut baik hadirnya KBL dari Grab di Bali sebab hal ini sejalan dengan visi pembangunan Bali yakni Nangun Sat Kerthi Loka Bali. Koster menyampaikan, Pergub Nomor 45 dan 48 tahun 2019 mengenai Energi Bersih dan Penggunaan Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai dibentuk sesuai dengan kearifan lokal Bali.

“Menjaga keharmonisan alam, masyarakat, dan budaya Bali merupakan keutamaan bagi kami. Alam yang bersih harus diusahakan dengan menciptakan lingkungan yang bebas polusi,” ujar Koster berharap hadirnya sepeda motor listrik ini dapat semakin mendukung alam Bali yang bersih dan bebas polusi.

GM PLN UID Bali, Adi Priyanto, menyampaikan antusiasmenya atas kerja sama ini, dalam mendorong pengembangan ekosistem kendaraan listrik berbasis baterai guna menciptakan ketahanan energi nasional. Sementara Pemimpin Wilayah PT Pegadaian (Persero) Kanwil VII Denpasar, Nuril Islamiah, menyampaikan suka citanya menjadi bagian dari program pengembangan kendaraan berbasis listrik yang digawangi oleh Grab dan PLN. rap

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.