DANA Terus Dorong Digitalisasi Dunia Usaha untuk Mempercepat Pemulihan Ekonomi

  • Whatsapp
DANA serahkan bantuan kepada Sahabat Guru DANA di Bali. Foto: ist
DANA serahkan bantuan kepada Sahabat Guru DANA di Bali. Foto: ist

MANGUPURA – Dompet digital Indonesia DANA makin intensif dalam melakukan pemberdayaan fitur DANA Bisnis di kalangan dunia usaha dari berbagai skala di Tanah Air. Upaya tersebut merupakan salah satu wujud komitmen DANA untuk menghadirkan solusi yang memudahkan dunia usaha, khususnya UMKM, dalam mempercepat adopsi teknologi guna meningkatkan kapabilitas serta daya saing bisnis di era digitalisasi.

Menurut keterangan Agustina Samara selaku Chief People & Corporate Strategy Officer DANA, DANA lahir di Indonesia karena kebutuhan terkait era digitalisasi saat ini yang mengarah ke 4.0, sekaligus mendukung program negara terkait pembayaran non tunai. Selain itu DANA juga mendukung terciptanya SDM yang unggul di bidang teknologi, mendukung telenta muda di Indonesia, serta mendukung produk Indonesia dengan menggandeng para UMKM.

Bacaan Lainnya

‘’Spirit kita adalah bagaimana membangun SDM yang menguasai teknologi dan membangun SDM unggul. Karena itu kita terus mengedukasi masyarakat terkait digitalisasi dan menggendeng UMKM di Indonesia,’’ terangnya Kamis (26/11/2020) di Kembali Innovation Hub Seminyak.

Steve Saerang, Vice President Corporate Communications DANA, menambahkan, DANA dompet digital yang terpercaya karena adanya jaminan garansi, paling mudah digunakan karena tidak membebani memori hp dan aksesible karena bekerjasama dengan beberapa platform besar maupun UMKM kecil. Hal tersebut seiring dengan visi DANA yaitu membangun jembatan akses layanan inklusi keuangan dan bermitra dengan institusi keuangan. 

Baca juga :  Masifnya Pembangunan Pasar Rakyat, Disperindag Gianyar Tingkatkan Kompetensi Aparatur Pasar

Saat ini DANA juga mempunyai layanan move on dari top up, sehingga ketika ingin melakukan transaksi pembayaran maka tinggal di QR dan dibayarkan melalui kartu kredit atau debit yang sudah didaftarkan. ‘’Saat ini kita sudah punya 45 juta user pada April 2020. Namun per akhir Oktober 2020 kita naik 15 juta dari tahun ke tahun. Artinya kita naik hampir 50 persen di akhir 2020,’’ ujarnya.

Sementara Vince Iswara selaku CEO dan Co-Founder DANA menerangkan, DANA telah membantu para pelaku UMKM di sejumlah daerah untuk terhubung dengan ekosistem digital melalui serangkaian inisiatif maupun sinergi dengan berbagai pihak, termasuk pemerintah. Hingga saat ini, sudah ada 200.000 UMKM yang memanfaatkan DANA Bisnis, yaitu fitur khusus yang disediakan bagi dunia usaha untuk mengelola dan mengembangkan bisnisnya. Capaian tersebut menunjukan bahwa DANA mengalami peningkatan sebesar 58 persen dibandingkan ketika DANA Bisnis diluncurkan tahun lalu.

“UMKM merupakan tulang punggung perekonomian Indonesia. DANA menyadari betapa pentingnya menjaga keberlangsungan serta mengembangkan sektor ini, terutama di saat-saat sulit seperti sekarang. Untuk itu, perlu adanya perubahan mindset dari semua pihak termasuk pelaku UMKM dengan beralih dari cara-cara konvensional menjadi digital agar bisa beradaptasi dengan berbagai tantangan dan dinamika yang terjadi,” terangnya.

Untuk mencari tahu informasi mengenai DANA Bisnis pun cukup mudah yaitu dengan mengakses https://microbisnis.dana.id ataupun membuka aplikasi DANA untuk mempraktikkannya. Pengguna DANA cukup mendaftar dan melengkapi profil usahanya yang dilengkapi alamat dan foto toko atau produk tanpa harus mengeluarkan biaya pendaftaran maupun administrasi lainnya. Apabila persyaratan tersebut terpenuhi, dalam waktu 2×24 jam, pelaku usaha sudah bisa menggunakan akun DANA Bisnis-nya untuk menjangkau lebih banyak konsumen dalam transaksi digital. gay

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.