DPD Partai Golkar Kompak Sumbang Darah

  • Whatsapp
KEGIATAN Aksi donor darah yang diselenggarakan pengurus DPD II Golkar Buleleng, bertempat di Sekretariat Golkar Buleleng, Minggu (15/8/2021). Foto: rik
KEGIATAN Aksi donor darah yang diselenggarakan pengurus DPD II Golkar Buleleng, bertempat di Sekretariat Golkar Buleleng, Minggu (15/8/2021). Foto: rik

BANGLI – DPD Partai Golkar Bangli, Minggu (15/8/2021) menggelar kegiatan donor darah, yang kompak dan serentak dilangsungkan DPD Partai Golkar seluruh Bali. Selain membantu masyarakat yang butuh darah di tengah pandemi Covid 19, aksi ini juga dirangkai memperingati Hari Kemerdekaan RI dan HUT Provinsi Bali.

Wakil Ketua Bidang OKK DPD Partai Golkar Bangli, I Nyoman Budiada, menyebut kegiatan ini perintah DPD Partai Golkar Bali. Dalam aksi sosial ini, partai mengajak PMI. Dari target 100 kantong darah, per anggota Fraksi Golkar DPRD Bangli membawa lima orang, sedangkan pengurus DPD total 30 orang, pimpinan kecamatan lima orang, dan organisasi sayap total 20 orang. Meski target 100 peserta terpenuhi, tapi setelah berbagai tes termasuk tes cepat antigen dan kondisi kesehatan, yang layak donor hanya 28 orang.

Bacaan Lainnya

Selain donor darah, dia berujar partai akan menggelar pelatihan calon pengusaha (enterpreneur). Sebelumnya juga menggelar pelatihan petani muda milenial. “Dalam pelatihan ini kami mengundang para pakar serta para eksportir sukses. Kami harap dengan mempertemukan petani muda dengan para eksportir, mereka memiliki wawasan untuk tetap memajukan sektor pertanian di Bangli, agar generasi muda tak gengsi jadi petani. Sekarang diajak untuk menjadi petani yang modern,” pungkasnya.

Baca juga :  Duh! Ratusan Pemudik di Padangbai Berkerumun Tes Antigen

Kegiatan donor darah juga dilangsungkan DPD Partai Golkar Karangasem pada hari yang sama. “Kami target mengumpulkan 100 kantong darah dari para relawan yang terdiri dari kader dan simpatisan Partai Golkar. Semoga bisa tercapai,” kata Ketua DPD Partai Golkar Karangasem, IGN Setiawan. 

Ketua panitia, I Wayan Dikep, menuturkan, antusias peserta cukup tinggi, sehingga panitia membuat jadwal agar tidak menimbulkan kerumunan di tengah PPKM saat ini. Namun, banyak peserta tidak diizinkan PMI untuk donor karena baru saja selesai disuntik vaksin Covid-19. “PMI menyebut syarat agar bisa donor minimal tiga hari setelah vaksin, itu pun dengan kondisi fisik yang sehat,” terangnya. 

Di samping simpatisan dan kader, donor darah ini juga diikuti komunitas Bebek Buitan yang dikomandoi anggota DPRD asal Manggis, I Nyoman Sumadi.

Dalam kegiatan yang dilangsungkan DPD Partai Golkar Buleleng pada hari yang sama, antusiasme donor darah diikuti masyarakat termasuk para kader partai. Sekretaris DPD Partai Golkar Buleleng, Ketut Susila Umbara, mengatakan, kegiatan donor darah ini dilakukan sesuai amanah DPD Partai Golkar Bali, dengan target bisa mengumpulkan 1.000 kantong darah dari seluruh pengurus Golkar se-Bali.

“Kami menjawab kebutuhan darah di PMI. Di masa pandemi, ternyata di seluruh kabupaten/kota stok darah kurang di PMI. Makanya kami jawab dengan ini,” kata Wakil Ketua DPRD Buleleng ini.

Dari target hanya 100 kantong darah, terkumpul 123 kantong darah. Ini berkat antusiasme masyarakat tinggi, mereka datang sendiri. Tapi ada tidak bisa karena tensi, kami sudah maksimalkan mencapai target, bahkan lebih,” sebutnya.

Baca juga :  The Nusa Dua Jadi Wakil ITDC Saat Apel Virtual 17an di Istana Negara

Dari koordinasi dengan PMI Buleleng, diperoleh informasi persediaan golongan darah AB paling langka di Buleleng. “Stok darah di Buleleng kurang, dengan paling dibutuhkan golongan AB, sekarang ada. Bahkan beberapa donor darah AB yang kemarin datang, kami undang dan mereka datang,” pungkas Susila. Dari 123 kantong darah, golongan darah A sebanyak 13 kantong, golongan darah B sebanyak 40 kantong, golongan darah AB sebanyak 4 kantong, dan golongan darah O sebanyak 66 kantong. gia/nad/rik

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.