Disdikpora Badung Proses Pemberian Kuota Gratis untuk Siswa

  • Whatsapp
Ilustrasi pemberian pulsa internet. Foto: ist
Ilustrasi pemberian pulsa internet. Foto: ist

MANGUPURA – Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) akan memberi subsidi kuota internet gratis bagi siswa. Dinas Pendidikan, Kepemudaan, dan Olahraga (Disdikpora) Badung saat ini mulai memproses terkait subsidi yang bakal diberikan oleh pemerintah pusat itu.

“Kami di Badung sekarang masih berproses, karena validasi lewat data pokok pendidikan (Dapodik) Kemdikbud. Kami diberikan waktu hingga tanggal 11 September 2020 besok (hari ini),” kata Kepala Dinas Pendidikan, Kepemudaan dan Olahraga (Disdikpora) Badung I Ketut Widia Astika, Kamis (10/9).

Pemberian kuota internet gratis, kata Astika, bakal dilakukan selama empat bulan (September-Desember 2020). Kota gratis ini rencananya diberikan kepada siswa sekolah menengah pertama (SMP), siswa sekolah dasar (SD), hingga siswa pendidikan anak usia dini (PAUD). “Sekarang semua sekolah dalam proses memasukkan nomor ponsel masing-masing siswa,” katanya.
Walau demikian, teknis penyalurannya seperti apa Astika mengaku masih menunggu petunjuk lebih lanjut dari Kemendikbud. “Yang jelas kita baru input data dari masing-masing sekolah, terakhir tanggal 11 September 2020 besok (hari ini), setelah itu tergantung pusat, karena ini dari Kementerian langsung,” aku birokrat asal Kerobokan, Kecamatan Kuta Utara itu.

Baca juga :  Giliran Pasar Rakyat di Densel Dipasang Bilik Antiseptik

Hal senada juga disampaikan Kabid Pendidikan Disdikpora Badung, I Gusti Lanang Bagus Ardhana. Ia menjelaskan, untuk teknis pemberian kuota internet secara gratis untuk siswa di Badung masih menunggu petunjuk lebih lanjut dari Kemendikbud. “Jadi teknisnya kita belum tahu persis, karena program Kementerian, belum ada tindak lanjut,” katanya.
Sejauh ini, lanjutnya, proses yang sudah berjalan adalah input data siswa bakal penerima bantuan kuota internet gratis baik tingkat PAUD, SD, maupun SMP. “Sementara kita input data siswa SD dan SMP, juga termasuk PAUD,” imbuhnya.

Disinggung apakah pembagian kuota internet gratis juga akan diberikan kepada para guru, Lanang tak berani memastikan. “Kami belum tahu pasti, apakah guru juga dapat. Karena kami mendengar termasuk mahasiswa juga bakal dapat. Tapi sesuai surat yang kami terima sebelumnya hanya siswa saja yang dapat,” tegasnya.

Baca juga :  Kasus Positif Covid-19 di Denpasar Bertambah 1 Orang Transmisi Lokal

Mengenai berapa jumlah siswa PAUD, SD, dan SMP se-Kabupaten Badung, pihaknya mengaku tak hafal. “Mohon maaf data ada di kantor, saya tidak hafal,” tandas Lanang.

Berdasarkan informasi yang beredar bantuan kuota internet kepada siswa untuk periode waktu September-Desember 2020, sebesar 35 gigabyte per bulan. Kuota internet gratis ini guna mendukung proses pembelajaran secara daring selama pandemi Covid-19. 020

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.