Bawaslu Tuntaskan SKPP Tingkat Dasar, Lahirkan Kader Ujungtombak Pengawasan

  • Whatsapp
Ketut Rudia. Foto: hen
Ketut Rudia. Foto: hen

BULELENG – Sekolah Kader Pengawas Partisipatif (SKPP) tingkat dasar yang dilangsungkan di Buleleng sejak 21 Juni, tuntas pada Rabu (23/6/2021). Pada hari terakhir pelatihan, peserta memaparkan materi strategi membangun kesadaran politik di masyarakat kelak.

Komisioner Bawaslu Bali, I Ketut Rudia, mengapresiasi spirit dan antusiasme para peserta mengikuti pelatihan yang dibuka Ketua Bawaslu RI, Abhan, tersebut. Sebab, kata dia, sejak hari pertama sampai selesai para peserta dinilai tidak kendor semangatnya mengikuti pelatihan. “Pada hari terakhir ini, peserta memaparkan pandangan dan bagaimana mereka akan membangun kesadaran masyarakat setelah kegiatan ini berakhir,” ucapnya dihubungi usai kegiatan.

Bacaan Lainnya

Menurut Rudia, program kerja para kader pengawas partisipatif itu dicanangkan mulai daripembentukan kelompok atau komunitas sebagai output dari acara tersebut. Pelatihan diikuti peserta dari empat kabupaten di Bali yang bergabung selama kegiatan berlangsung. Meski terbilang baru, sambungnya, peserta tetap antusias menyiapkan program kerjanya. “Kita sadar demokrasi memang harus diubah melalui pemuda. Keterbatasan SDM yang dialami oleh Bawaslu seperti menemukan solusi, dan merekalah kader-kader pengawas yang akan menjadi ujungtombak pengawasan dalam setiap kontestasi politik,” urai mantan jurnalis media lokal di Bali itu.

Lebih jauh diutarakan, dia sangat menaruh harapan kehadiran SKPP ini dapat memberi pendidikan politik seluas-luasnya di dalam masyarakat. Para kader pengawas tersebut, terangnya,merupakan generasi penerus yang akan mengawal demokrasi bangsa ini. Rudia juga sangat berharap, kendati ada yang tidak lulus pada tahap ini, jangan pernah meredupkan semangat dalam mengawasi pemilu. “Spirit ini yang kita harus selalu tumbuhkan. Sebagaimana esensi dari demokrasi, pengawasan merupakan tanggung jawab kita bersama demi membangun demokrasi yang lebih baik lagi ke depan,” cetusnya menandaskan.

Baca juga :  PUDAM TS Gianyar Rekrut Pejabat Unit Usaha AMDK

Dalam pendidikan SKPP tingkat dasar di titik satu ini, pesertanya berasal dari Badung, Jembrana, Tabanan, dan Buleleng selaku tuan rumah. hen

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar anda diproses.