Bawaslu Apresiasi Paslon Turunkan Sendiri APK Liar

  • Whatsapp
PETUGAS Satpol PP Karangasem saat menertibkan baliho liar paslon yang melanggar aturan KPU. Foto: Ist
PETUGAS Satpol PP Karangasem saat menertibkan baliho liar paslon yang melanggar aturan KPU. Foto: Ist

KARANGASEM – Bawaslu Karangasem menertibkan alat peraga kampanye (APK) paslon yang dinilai melanggar ketentuan mulai Rabu (18/11/2020) sampai Jumat (20/11/2020) mendatang. Penertiban bersama KPU Karangasem, Satpol PP Karangasem dan polisi itu menyasar Kecamatan Kubu dan Abang. Di kesempatan yang sama, Bawaslu juga mengapresiasi paslon yang menurunkan sendiri APK mereka.

Komisioner Bawaslu Karangasem, I Komang Mertadana, mengatakan, penertiban kemarin hanya menurunkan satu APK di Temega. Sejumlah APK lainnya, ujarnya, diturunkan sendiri oleh paslon di wilayah Abang dan Kubu. “Kami sangat mengapresiasi langkah paslon tersebut,” pujinya. 

Bacaan Lainnya

Tidak hanya bertindak represif, ulasnya, Bawaslu juga acapkali melakukan langkah persuasif dengan berkomunikasi kepada paslon jika terdapat baliho atau spanduk paslon dipasang di areal pura dan tembok penyengker pura. Melalui upaya tersebut, paslon menurunkan sendiri APK yang terpasang. Misalnya baliho di areal pura di pasir putih Perasi, dan tembok penyengker pura di Desa Subagan.

Ketua Bawaslu Karangasem, I Putu Gede Suastrawan, menambahkan, paslon setiap kampanye hanya boleh memberi suvernir seperti baju, topi, masker, panyanitasi tangan, atau tumbler (botol air minum). Hanya, harganya tidak boleh lebih dari Rp 60 ribu sesuai Peraturan KPU. “Jika nanti ada paslon memberi uang, ini masuk kategori politik uang dan otomatis diberikan sanksi. Sanksinya untuk penerima dan pemberi,” tegasnya.  

Baca juga :  Gianyar Minta Penanggulangan Pencemaran Danau Batur Diperjuangkan, Mangku Pastika Kunjungi PLTS Bangklet

Masa kampanye di tengah pandemi Covid-19, dia mengajak semua paslon tetap mengikuti protokol Kesehatan. “Kegiatan kampanye sampai saat ini belum ada laporan masuk dari hasil pengawasan,” urainya memungkasi. 017

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.