Bantu Fasilitas Belajar PJJ, Banjar Petangan Gede Desa Ubung Kaja Sediakan WiFi Gratis

  • Whatsapp
ANAK-anak pelajar Banjar Petangan Gede Desa Ubung Kaja saat belajar daring memanfaatkan wifi gratis yang disediakan pihak banjar setempat. foto: ist

DENPASAR – Mencegah penularan covid-19, pemerintah menetapkan sistem pembelajaran jarak jauh (PJJ) atau daring kepada pelajar di seluruh Indonesia. Meskipun sistem ini bagus, namun banyak masyarakat yang mengeluh dan terhambat karena tidak semua masyarakat bisa membeli kuota dan tersedia jaringan internet.

Mengatasi dan membantu mengurangi beban ekonomi masyarakat, Banjar Petangan Gede Desa Ubung Kaja menyediakan wifi gratis untuk anak anak agar bisa mengikuti pembelajaran sekolah online atau PJJ. Hal ini dibenarkan Kelian Adat Banjar Petangan Gede Desa Ubung Kaja I Ketut Sumandi saat ditemui Selasa (21/7/2020).

Bacaan Lainnya

Lebih lanjut ia mengatakan, fasilitas ini merupakan swadaya dari Banjar. Selama ada pandemi, Satgas Covid-19 yakni pecalang mendapatkan dana dari desa dan berbagai donasi dari masyarakat, lalu disimpan sama pecalang untuk keperluan yang bermanfaat.

Karena banyak masyarakat yang terganggu jaringan internet dan tidak bisa membeli kuota dana tersebut dimanfaatkan membeli peralatan WiFi dan kuotanya, sehingga semua anak anak bisa memanfaatkannya.

Ia juga mengaku dalam pelaksanaan tetap mengutamakan protokol kesehatan yakni menyediakan tempat cuci tangan, sanitaizer, mengatur jaraknya dan kegiatan ini dilakukan secara kontinyu sehingga jumlahnya dibatasi yakni maksimal 20 orang.

Baca juga :  Bicarakan Status Facebook Berujung Penusukan

Agar mereka tidak terkendala dalam belajar, anak anak masih diawasi orang tuanya dan prajuru Banjar. Supaya bisa bekerja, pihaknya akan mencari relawan untuk menjadi guru pendamping dan seorang IT. “Sehingga ketika ada gangguan jaringan mereka bisa terbantu,” ungkap Sumandi.

Dengan menyediakan WiFi gratis ini, pihaknya berharap dapat mengurangi beban masyarakat. Selain itu pihaknya juga ingin mengembalikan fungsi banjar yakni sebagai bangunan sosial, bahwa itu adalah milik mereka.

Tidak hanya itu dengan kegiatan ini dapat menumbuhkan partisipasi masyarakat untuk saling berbagi dalam meningkatkan pendidikan anak. “Sesuai motto kita yakni menciptakan generasi yang cerdas dan sehat,” jelasnya.

Kegiatan ini mendapat apresiasi dari Perbekel Desa Ubung I Wayan Astika. Menurutnya inisiatif ini sangat bagus karena dapat menggugah semangat anak anak untuk belajar meskipun lewat online.

Tidak hanya itu menurutnya dengan adanya fasilitas seperti ini anak anak mendapat suasana baru dalam belajar. “Sehingga mereka lebih semangat belajar PJJ atau online,” tegasnya. yes

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.