Bangkai Paus Tutul Seberat 1 Ton Terdampar di Pantai Candidasa

  • Whatsapp
BANGKAI ikan puas tutul (rhincodon typus) ditemukan terdampar di pesisir pantai, Minggu (6/12/2020) pagi. Foto: nad
BANGKAI ikan puas tutul (rhincodon typus) ditemukan terdampar di pesisir pantai, Minggu (6/12/2020) pagi. Foto: nad

KARANGASEM – Warga kawasan Pantai Candidasa, Karangasem dikejutkan dengan adanya bangkai ikan puas tutul (rhincodon typus) ditemukan terdampar di pesisir pantai, Minggu (6/12/2020) pagi. Ikan sepanjang lebih dari 4 meter itu diperkirakan berbobot mencapai sekira 1 ton. 

Ikan besar itu kali pertama ditemukan warga sekitar yang kebetulan lewat di kawasan pantai. Dia langsung melaporkan penemuan itu ke Pos Polair setempat. Kepala Dusun Samuh yang berada dekat di kawasan Pantai Candidasa, Ni Nyoman Citra Darma Wijayanti, yang mendapat laporan itu juga bergegas melapor ke Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA). Sebelum dievakuasi, warga yang penasaran datang ke lokasi untuk sekadar melihat dan mendokumentasikan lewat foto.

Bacaan Lainnya

I Gusti Bagus Suteja, Kepala Resort BKSDA Karangasem, mengatakan, ikan paus itu akan dikubur di pesisir Pantai Kelodan, Desa Bugbug. Tim sempat kesulitan mengevakuasi, karena besarnya ukuran ikan paus tersebut. “Ukurannya cukup besar. Tadi sempat diukur panjangnya 4 meter lebih dan beratnya kurang lebih 1 ton,” sebutnya.

Saat melakukan evakuasi, BKSDA bekerja sama dengan petugas pemadam kebakaran, Polair, Kadus dan warga sekitar. Tujuannya agar bisa secepatnya mengevakuasi sebelum bangkai ikan itu membusuk di lokasi. nad

Baca juga :  Rai Mantra Buka Rapat Penyusunan Perencanaan Pembangunan Desa Adat Sanur

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.