Bagaimana Mengatur Pola Makan agar Tubuh Tetap Sehat, Ini Tips Ade Rai!

  • Whatsapp
TANGKAPAN layar Ade Rai membagikan tips sederhana atur pola makan sehat saat menjadi pembicara dalam diskusi kesehatan yang digelar virtual, Minggu (22/11/2020). foto: antaranews

MANTAN atlet binaraga, Ade Rai membagikan beberapa tips sederhana yang bisa dipraktikkan untuk mengatur pola makan agar tubuh tetap sehat.

Menurutnya, ada empat hal yang harus diperhatikan sebelum mengonsumsi makanan, yaitu apa sumbernya, bagaimana penyajiannya, kapan waktu makannya, dan berapa banyak yang harus dimakan.

Bacaan Lainnya

“Pada dasarnya dari itu semua yang paling urgen adalah nomor satu dan tiga. Nomor satu itu, kita bicara makanannya apa, nah biasanya kalau karbohidrat yang berlebihan bisa disimpan jadi lemak. Ketiga adalah ketika kita makannya keseringan, hampir sebagian besar kita kebanyakan makan,” kata Ade Rai dalam diskusi kesehatan yang digelar virtual, Minggu (22/11/2020).

Ade Rai menyarankan agar mengatur pola makan dengan melakukan puasa, yaitu dengan membatasi waktu kapan harus makan dan berhenti makan.

“Cuma puasanya beda dari bulan Ramadhan. Kita bisa puasa dari malam ke pagi atau malam ke siang. Jadi makan terakhir jam 8 atau 9 malam, terus baru makan lagi jam 8 atau jam 9 pagi. Kalau bisa kita mau langsung ke makan siang, berarti lebih lama lagi,” ujar Ade Rai.

Menurut mantan atlet binaragawan itu, dengan membatasi jumlah makanan yang masuk, maka tubuh secara otomatis akan menggunakan cadangan lemak sebagai tenaga.

Baca juga :  Adaptasi Kebiasaan Baru Melalui Pendekatan Budaya dan Gaya Hidup

“Kenapa sumber tenaga, karena kalau kita banyak lemak itu sumber cadangan energi yang tertimbun di badan. Pada saat kita enggak ada makanan, maka lemak itu yang nanti akan keluar. Tapi karena kita ada makanan yang di lemak itu tertimbun terus,” terang Ade Rai, seperti dilansir dari antaranews.

Ade Rai juga menyarankan untuk mengurangi konsumsi makanan yang mengandung karbohidrat dan mulai memperbanyak konsumsi makanan mengandung protein dan lemak alami.

“Kebanyakan makan kita memang lebih kepada sumber lemak. Itu bukan sumber baik buat badan. Tapi kalau yang alami seperti minyak kelapa, kuning telur, minyak ikan, kacang-kacangan, alpukat, saya rasa itu sesuatu yang bagus,” paparnya.

Ade Rai juga mengatakan agar tak lupa mengonsumsi buah dan sayur-sayuran untuk menjaga kesehatan tubuh. Selain itu, Ade Rai juga mengatakan konsumsi suplemen makanan juga bisa menjadi pilihan yang bisa dilakukan. yes

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.