Warga Sidetapa Tempati Rumah Tak Layak Huni, Donatur Yayasan Beri Bantuan Bedah Rumah

  • Whatsapp
AKSI sosial dilakukan Yayasan English Corner dengan bantuan bedah rumah terhadap Putu Tenggut di Desa Sidetapa, Buleleng. Foto: ist
AKSI sosial dilakukan Yayasan English Corner dengan bantuan bedah rumah terhadap Putu Tenggut di Desa Sidetapa, Buleleng. Foto: ist

BULELENG – Nasib miris dirasakan Putu Tenggut, warga Banjar Dinas Lakah, Desa Sidetapa, Kecamatan Banjar, Buleleng. Dia selama puluhan tinggal disebuah rumah yang dalam kondisi tak layak huni. Di rumah tersebut, Tenggut tinggal bersama putra semata wayangnya bernama Putu Agus.

Rumah yang selama ini ditempati Tenggut hanya beratapkan seng yang tampak sudah bolong. Bahkan, tembok dan kerangka rumah yang terbuat dari papan anyaman terlihat sudah lapuk, sehingga hanya ditambal dengan anyaman.

Bacaan Lainnya

Melihat kondisi itu, muncul donatur yang berniat baik untuk merenovasi rumah Tenggut melalui bedah rumah. Aksi sosial ini dilakukan oleh sejumlah anak muda yang tergabung dalam Yayasan English Corner. Kegiatan ini dilaksanakan sebagai peringatan Hari Pahlawan yang jatuh pada 10 November.Kegiatan sosial secara gotong royong ini juga melibatkan masyarakat sekitar pada Senin (9/11/2020).

Founder English Corner, Komang Rena, mengatakan, bedah rumah kali kedua ini dilakukan secara gotong royong dengan masyarakat sekitar. Dana bedah rumah tersebut diperoleh dari donasi yang berhasil dikumpulkan sebesar Rp10 juta.”Dananya kami galang dari beberapa donatur. Untuk lahan yang digunakan adalah milik Pak Tenggut sendiri,” katanya.

Selama ini rumah yang ditempati Tenggut bersama anaknya sudah tidak layak huni. “Melihat kondisi rumah yang sudah tidak layak terlebih kondisi cuaca sekarang ini seperti hujan dan angin kencang, kami khawatir terjadi sesuatu kepada mereka,” ujar Rena.Menurut Rena, kegiatan sosial ini dilakukan sebagai bentuk rasa kepeduliannya dengan sesama warga Desa Sidetapa.

Baca juga :  Cegah Penularan Corona, Kelurahan Sesetan Gelar Penegakan Hukum Prokes

Asi sosial yang dilakukan Yayasan English Corner disambut positif Perbekel Desa Sidetapa, Ketut Budiasa. Budiasa mengaku pihak pemerintah desa sudah pernah mengajukan program rehab rumah untuk Putu Tenggut ke Disperkimta Buleleng.

Pengajuan itu sudah mendapatkan tindaklanjut. Dan sejatinya rumah tersebut direncanakan akan direhab pada 2019 lalu. Hanya saja, saat itu Tenggut masih belum punya lahan. “Saat itu lahan yang ditempati rumah tersebut masih milik warga sekitar,” ungkap Budiasa.

Rumah tersebut direncanakan akan direhab tahun 2020 ini memakai anggaran APBDes Sidetapa. Tapi rencana tersebut ditunda, lantaran dana program rehab rumah telah dialihkan untuk fokus penanganan Covid-19 yang melanda seluruh dunia termasuk di Buleleng.

“Dengan rehab rumah dilakukan yayasan ini, jadi warga kami bisa merasakan rumah yang layak huni. Sekarang yang bersangkutan sudah punya lahan sendiri. Kami rencana merehab rumah tersebut tahun depan agar bisa lebih layak huni lagi,” pungkas Budiasa. 018

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.