Warga Gianyar Bisa Buat SKCK dari Rumah, Begini Caranya!

  • Whatsapp
Foto : SKCK POLISI PELAYANAN pembuatan Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK) secara on the spot di Gianyar. Foto: ist
PELAYANAN pembuatan Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK) secara on the spot di Gianyar. Foto: ist

GIANYAR – Membuat Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK) biasanya pemohon harus mengurus ke Polres Gianyar. Namun, kini bisa dilakukan di rumah masing-masing. Untuk pengurusan berkasnya dapat dikirimkan dengan ojek daring dan akan diterima petugas. Hal itu dilakukan guna memberikan pelayanan kepada masyarakat untuk efesiensi waktu.

Kasat Intelkam Polres Gianyar, AKP Ida Bagus Putu Dana Ginawa, menjelaskan, program tersebut disebut dengan lapak SKCK. Yaitu sebuah inovasi pelayanan penerbitan SKCK khusus perpanjangan dengan memanfaatkan jasa transportasi ojek daring.

Bacaan Lainnya

”’Dimana masyarakat pemohon mengirimkan berkas SKCK. Yaitu berupa dokumen asli atau foto copy SKCK yang masih berlaku dengan dilampiri foto copy KTP, dan pas foto 4 x 6 sebanyak 3 lembar dengan latar merah dan pakian rapi berkerah,’’ jelasnya Minggu (26/7/2020).

Lanjutnya, untuk berkas dari pemohon tersebut bisa diantar oleh Go-send melalui aplikasi Gojek. Maka petugas akan menerima berkas pemohon dan mencatat dalam daftar pemohon SKCK.

“Tahapan selanjutnya petugas penelitian dokumen dan dilakukan skrining, pengecekan data pemohon pada aplikasi catatan kepolisian (Cakep), Data Pusat Informasi Kriminal Nasional (Pusiknas) dan data Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil),’’ ungkapnya.

Selanjutnya, akan dilakukan pengetikan SKCK yang akan diajukan SKCK kepada Kasat Intelkam untuk ditanda tangani. Setelah SKCK pemohon selesai maka akan diantarkan petugas lapak SKCK sesuai alamat pemohon sekaligus meminta biaya administrasi sebesar Rp 30 ribu.

Baca juga :  Ada-ada Saja! Bayar Kaul, Pasangan Pengantin Naik Arko

Untuk mekanisme rencana pelayanan on the spot ini, pihaknya menyiapkan kelengkapan ATK, perangkat SKCK berupa blanko asli dan salinan, daftar pertanyaan dan kartu TIK, komputer dan printer untuk mencetak SKCK dan peralatan pengambilan sidik jari.

”Maka petugas SKCK mendatangi lokasi atau tempat yang telah disepakati pemohon dengan petugas SKCK, dan petugas melengkapi diri dengan APD sesuai protokol kesehatan Covid-19 seperti menggunakan masker, kaca mata, sarung tangan dan menyiapkan penyanitasi tangan serta alat pengukur suhu tubuh,’’ pungkasnya. 011

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.