Usai Karya di Besakih, Bupati Dana Ajak OPD Karangasem Gotong Royong

BUPATI Karangasem, I Gede Dana, mengajak jajaran OPD Pemkab Karangasem bergotong royong membersihkan areal Kawasan Suci Pura Besakih, areal Bencingah, Pura Hyangaluh Prajapati, Pura Kiduling Kreteg, serta pura lainnya, Jumat (8/4/2022). Foto: ist

KARANGASEM – Usai karya penyineban Ida Batara Turun Kabeh, Bupati Karangasem, I Gede Dana, mengajak jajaran OPD Pemkab Karangasem bergotong royong membersihkan areal Kawasan Suci Pura Besakih, areal Bencingah, Pura Hyangaluh Prajapati, Pura Kiduling Kreteg, serta pura lainnya, Jumat (8/4/2022).

Gotong royong juga terkait instruksi Gubernur Bali dalam program Jana Kerthi sebagai pelaksanaan tata-titi kehidupan masyarakat Bali, berdasarkan nilai-nilai kearifan lokal dengan pembersihan serentak menjelang Hari Raya Tumpek Landep.

Bacaan Lainnya

“Kegiatan ini tujuan utamanya menciptakan suasana bersih dan nyaman di areal tempat suci Pura Besakih. Meski sudah ada petugas kebersihan, namun kita juga harus turut andil berpartisipasi menjaga kebersihannya,” kata Bupati Dana.

Untuk memberi teladan, Dana juga turut aktif ikut menyapu serta mengangkut sampah yang didominasi sampah plastik ke tempat pembuangan.

Menurut Dana, karena Pura Besakih merupakan pura terbesar dan kawasan suci bagi umat Hindu, maka umat beramai-ramai datang untuk sembahyang agar diberi keselamatan, kerahayuan, dan kesejahteraan. Sayang, masih ada perilaku masyarakat yang kurang sadar menjaga kebersihan kawasan suci ini.

Dia berharap kehadirannya bersama seluruh OPD Pemkab Karangasem dapat memberi edukasi kepada masyarakat, khususnya para pemedek, mengenai arti kebersihan serta menjaga kesucian.

Baca juga :  Megawati Target “Hattrick” Menang Pemilu, Kader PDIP Diinstruksi Kerja Keras

Usai gotong royong di Besakih, Dana menyambangi SMPN 1 Selat dan SDN 1 Selat di Kecamatan Selat, serta SDN 7 Sibetan di Kecamatan Bebandem. Dana berbincang-bincang dengan sejumlah guru serta memantau proses belajar-mengajar di ruang kelas.

Saat mengunjungi SDN 1 Selat, Dana dengan ramah mendekati sekelompok siswa yang sedang berkumpul menyantap bekal sarapan. Dia memberi motivasi kepada para siswa tentang pentingnya pendidikan, juga menyemangati mereka agar bersungguh-sungguh meraih cita-cita dan demi masa depan gemilang.

Tidak hanya itu, usai menyambangi beberapa sekolah tersebut, dia lanjut mengunjungi Puskesmas 1 Selat. Kunjungan ini juga untuk memastikan pelayanan kesehatan di Puskesmas itu berjalan baik, terutama memantau pelayanan vaksinasi booster yang masih berlanjut hingga saat ini. nad

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.