Ukuran Sukses Pemilu

Made Nariana. foto: dok

Oleh Made Nariana

PENJABAT Gubernur Bali SM Mahendra Jaya menyatakan kesiapan Bali dalam melaksanakan Pemilu 2024. Dalam rakornis dengan anggota Forkopimda di Denpasar, Pj Gubernur Bali yakin pelaksanaan pesta demokrasi lima tahunan ini, baik dari segi logistik, pengamanan hingga penyelenggaraan pemilu tanggal 14 Februari 2024
berjalan denga aman.

Bacaan Lainnya

Rakyat Bali pasti menyambut baik dan gembira pemilu kali ini. Mereka juga berharap, Bali tetap aman dan nyaman, sekalipun ada persaingan politik. Pasalnya, Bali merupakan daerah wisata dunia – yang memang memerlukan rasa aman, nyaman dan tenteram menjelang, selama dan setelah pemilu berlangsung.

Pemilu yang dilaksanakan dengan luber (langsung, umum, bebas dan rahasia) memerlukan kepastian. Kepastian itu artinya, memang benar benar dijamin rakyat pemilih dengan rasa tenang dan aman datang ke Tempat Pemungutan Suara (TPS) tanpa tekanan dan intimidasi dari siapapun.

Hak rakyat menentukan pilihan kepada siapa pun harus dijamin dan terjamin. Ini adalah hak rakyat, bukan kewajiban. Haknya menentukan pilihan harus terjamin aman, bebas, dan rahasia. Tidak ada paksaan dan tekanan-tekanan!

Kalau hal ini dapat dilakukan secara professional, maka Bali akan tetap aman dan nyaman sebagai destinasi wisata dunia. Profesionalitas penyelenggara pemilu (KPU) dan Bawaslu memang diperlukan. Begitu juga aparat keamanan, dapat bertindak tegas jika ada yang menganggu.

Baca juga :  Polsek Blahbatuh Pantau Bahan Pokok di Pasar

Saya mendengar laporan, bahwa dalam kegiatan kampanye selama ini, ada gangguan-gangguan kecil yang dapat diatasi dengan baik. Semestinya, kalau partai tertentu kampanye atau melaksanakan hiburan rakyat, tidak boleh pihak tertentu mengganggu. Jika hal itu terjadi, memang patut disesalkan. KPU sudah memberikan porsi yang sama buat semua partai politik melakukan kegiatan sosialisasi menjelang pemilu.

Dengan adanya sinergitas antara pihak kepolisian, TNI dan masyarakat – saya yakin pemilu di Bali akan berlangsung aman. Mari kita berikan rakyat melakukan haknya dengan gembira, bebas dan nyaman. Rakyat hanya berada di TPS paling lama 5 (lima) menit, tetapi akan menentukan nasib bangsa ini selama 5 (lima) tahun ke depan.

Selamat nyoblos semoga Anda mendapatkan pemimpin-pemimpin yang terbaik, bebas dari kolusi, nepotisme, manipulasi dan korupsi. Dengan demikian kemakmuran bagi rakyat akan cepat tercapai — untuk menyambut masa depan yang lebih baik!!! (*)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.