TP PKK Gianyar Gemakan Olah Sampah Berbasis Sumber

  • Whatsapp
TP PKK Gianyar mengadakan webinar tentang pengelolaan dan pemanfaatan sampah rumah tangga. Foto: adi
TP PKK Gianyar mengadakan webinar tentang pengelolaan dan pemanfaatan sampah rumah tangga. Foto: adi

GIANYAR – TP PKK Kabupaten Gianyar melalui kegiatan di Pokja IV (kesehatan keluarga dan lingkungan), mengadakan webinar tentang pengelolaan dan pemanfaatan sampah rumah tangga. Kegiatan ini merupakan rangkaian Bulan Bung Karno III tahun 2021, dan implementasi Perbup 47 tahun 2020 tentang Pengelolaan Sampah Berbasis Sumber. Hadir Ketua WHDI Gianyar, Diana Dewi Agung Mayun, kepala OPD terkait di Pemkab Gianyar, narasumber dari Dinas Lingkungan Hidup, Yayasan Mandhara Research Institute (Geria Luhu Beng), dan Komunitas Eco Enzim Gianyar.

Sekretaris TP PKK Gianyar, Ni Wayan Sriyani, yang membacakan sambutan Ketua TP PKK Gianyar, mengatakan, perlindungan dan pengelolaan lingkungan hidup adalah upaya sistematis terpadu yang dilakukan untuk melestarikan fungsi lingkungan hidup. Selain itu mencegah terjadinya pencemaran atau kerusakan lingkungan hidup yang meliputi perencanaan, pemanfaatan, pengendalian, pemeliharaan, pengawasan, dan penegakan hukum.

Bacaan Lainnya

Berbagai regulasi sudah dikeluarkan pemerintah. Sebagai bentuk implementasi regulasi, serta sejalan dengan pelaksanaan kegiatan di Pokja IV, sudah sepantasnya kader PKK sebagai mitra kerja pemerintah selalu bergerak dan mengedukasi masyarakat agar selalu memperhatikan keberadaan sampah. “Sampah hendaknya dikelola mulai dari sumbernya dan dipilah, dengan tujuan agar sampah tidak mencemari lingkungan dan menggunung di TPA,” ujarnya.

Baca juga :  Wakil Rakyat Dorong Pengelolaan Resmi Pantai Balangan, Potensi Tambah PAD Badung

Dengan jumlah rata-rata sampah per hari bisa mencapai 428 ton, dia berharap para peserta webinar dapat mengikuti dan menyimak dengan serius materi yang disampaikan narasumber. Selanjutnya agar menyosialisasikan serta menerapkan di wilayahnya masing-masing.

Webinar serangkaian dengan pengelolaan dan pemanfaatan sampah rumah tangga menghadirkan narasumber Ida Bagus Mandhara Brasika selaku Founder Yayasan Mandhara Research Institute (Geria Luhu Beng), Ni Made Mirnawati sebagai narasumber dari DLH Kabupaten Gianyar (TPS3R), Ida Ayu Rusmarini dari Komunitas Eco Enzim. adi

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar anda diproses.