Tingkatkan Kemampuan SDM, Balai Besar Latihan Kerja Bakal Dibangun di Buleleng

  • Whatsapp
ANGGOTA Komisi IX DPR RI, Kariyasa Adnyana, saat meninjau gedung BLK Komunitas di Desa Selat, Kecamatan Sukasada, Buleleng, Senin (29/3/2021). Foto: rik
ANGGOTA Komisi IX DPR RI, Kariyasa Adnyana, saat meninjau gedung BLK Komunitas di Desa Selat, Kecamatan Sukasada, Buleleng, Senin (29/3/2021). Foto: rik

BULELENG – Buleleng menjadi salah satu Kabupaten di Provinsi Bali yang di tahun 2021 ini bakal mendapat bantuan program pembangunan Balai Besar Latihan Kerja dari Kementerian Tenaga Kerja RI. Diyakini ini akan menjadi wadah bagi masyarakat Buleleng untuk bisa meningkatkan kualitas sumber daya manusia (SDM).

Hal ini disampaikan oleh Anggota Komisi IX DPR RI, Ketut Kariyasa Adnyana, pada Senin (29/3/2021) saat meresmikan Gedung Balai Latihan Kerja (BLK) Komunitas Cahya Permata Bali dengan Kejuruan Tata Rias, yang ada di Desa Selat, Kecamatan Sukasada, Buleleng.

Bacaan Lainnya

Dia mengatakan, tahun ini pembangunan Balai Besar Latihan Kerja dipastikan dibangun di Buleleng. Bahkan, dari Kementerian sudah turun melakukan survei. “Dari Kementerian sudah survei lokasi, rencananya akan dibangun di wilayah Buleleng Barat (wilayah Kecamatan Gerokgak) karena disana kan ada tanah Pemprov,” kata Kariyasa Adnyana.

Sejauh ini, dijelaskannya, sudah terdapat 8 BLK Komunitas yang dibawa ke Bali dalam tahun anggaran 2020, dan 6 BLK diantaranya ada di Buleleng. Keberadaan BLK ini dinilai sangat penting untuk peningkatan kualitas SDM yang memiliki keterampilan khusus.

Peningkatan kualitas SDM, kata Kariyasa Adnyana, merupakan targetnya. “Saya mengajak semua pihak untuk bersama-sama bangun SDM yang ada di Buleleng untuk menjadi lebih baik,” ucap politisi PDI Perjuangan asal Desa Busungbiu ini.

Baca juga :  Kompetisi Video ‘’AXIS Serunya Budayaku’’, SMK TI Bali Global Badung Raih Hadiah Beasiswa Rp50 Juta

Acara peresmian BLK Komunitas Cahya Permata Bali Kejuruan Tata Rias di Desa Selat juga dihadiri oleh Ketua DPRD Buleleng, Gede Supriatna, sejumlah Anggota DPRD Buleleng dari Fraksi PDI Perjuangan, Sekretaris Dinas Tenaga Kerja Buleleng, Camat Sukasada, dan Perbekel Desa Selat, Putu Mara.

“BLK Komunitas Cahya mengambil kejuruan tata rias sangat diperlukan dalam kegiatan adat dan agama di Bali. Target saya, minimal saya memfasilitasi berdirinya minimal 1 gedung BLK Komunitas di setiap Kecamatan yang ada di Bali,” ujar Kariyasa Adnyana.

Sementara itu, Perwakilan Yayasan Cahya Permata Bali, Putu Mangku Budiasa, yang juga anggota DPRD Buleleng mengaku sangat bersyukur dengan adanya BLK di Desa Selat. Ia yakin keberadaan BLK ini akan mampu meningkatkan kesejahteraan warga Desa Selat.

“Saya selaku Perwakilan Yayasan Cahya Permata Bali dan selaku masyarakat Desa Selat sangat bersyukur dengan telah berdirinya Gedung BLK megah senilai Rp500 juta. Ini nantinya tentu akan dapat meningkatkan kemampuan SDM khususnya masyarakat Desa Selat,” pungkas Mangku Budiasa. rik

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.