Tiga Wajib Pajak Paling Taat di Bangli Diganjar Penghargaan

BUPATI Bangli, Sang Nyoman Sedana Artha, memberi penghargaan kepada WP jenis pajak hotel dan restoran di sela-sela peresmian gedung 1A dan 1B RSUD Bangli, Jumat (30/12/2022). Foto: ist

BANGLI – Untuk memotivasi wajib pajak (WP) agar taat membayar kewajiban, Bupati Bangli, Sang Nyoman Sedana Artha, memberi penghargaan kepada WP jenis pajak hotel dan restoran di sela-sela peresmian gedung 1A dan 1B RSUD Bangli, Jumat (30/12/2022). Penghargaan terbagi dalam tiga kategori yakni WP Paling Taat, WP Terbesar, dan WP Pendatang Baru Terbesar.

Kepala Badan Keuangan, Pendapatan dan Aset Daerah (BKPAD) Bangli, I Dewa Agung Bagus Riana Putra, Minggu (1/1/2023) menjelaskan, Pemkab Bangli memberi reward (hadiah) dan punishment (hukuman) bagi WP.

Bacaan Lainnya

Jika sebelumnya sudah ada sanksi bagi WP yang belum taat, kini diberi penghargaan kepada tiga WP yang taat. “Penghargaan ini menjadi motivasi untuk wajib pajak yang lain, karena ikut mendongkrak pendapatan asli daerah,” terangnya.

WP Terbesar dalam penyetoran pajak yakni Elago, kategori WP Pendatang Baru terbesar adalah Oculus, dan kategori WP Paling Taat adalah Ritatkala. Kategori dibuat ada beberapa indikator penilaian, dan penghargaan diberi kepada tiga WP yang semua ada di kawasan wisata Kintamani.

Oculus baru empat bulan beroperasi tapi penyetoran pajaknya tertinggi untuk pendatang baru. Meski belum dipasangi alat pengenaan pajak, tapi mereka sudah ada transparansi. ”Mereka sadar pajak bukan hak mereka, langsung disetorkan ke negara. Peningkatan pembayaran pajak ini diharap menjadi motivasi untuk wajib pajak lain,” sambungnya.

Baca juga :  Hibah DPRD Dipangkas, Eksekutif Dinilai Pesimis, Proposal Masyarakat Dipastikan Ada Ditunda

Tahun 2023, ujarnya, PHR ditarget Rp16 miliar. Mewujudkan itu, instansinya akan terus meningkatkan pengawasan dan pengendalian, sehingga menjadi daya dorong meningkatkan PAD. Ada yang membayar, ada yang menunggak.

Riana Putra mengakui masih ada tunggakan pajak dari restoran yang tidak beroperasi. Restoran itu berada di barat jalan pusat wisata, dan diduga kalah saing dengan restoran yang berhadapan langsung dengan pemandangan Gunung Batur dan Danau Batur. Nilainya tercatat Rp1,5 miliar.

Dia mendaku tunggakan sudah ada upaya penghapusan tahun 2021 sekitar Rp300 juta. Penghapusan pajak dilakukan melalui beberapa tahapan, tidak semudah yang dibayangkan karena ada mekanisme yang harus dilalui. “Juga melibatkan aparat terkait,” lugasnya.

Tahun 2023, ungkapnya, Bupati Bangli mengeluarkan instruksi bahwa lunas PBB menjadi syarat dalam pengurusan administrasi pemerintahan. Namun, pemerintah akan menghapuskan dengan pajak agar ada keberimbangan lunas PBB dengan kebijakan penghapusan denda, sehingga tidak ada yang dirugikan. gia

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.