Tiga Jukung Hancur Ditimpa Pohon, Satu Nelayan Terluka

  • Whatsapp
HUJAN lebat disertai angin kencang melanda sejumlah kawasan di Karangasem, Selasa (23/2/2021) dini hari. Di Desa Bunutan, pohon beringin besar di pinggir pantai juga tumbang dan menghajar tiga jukung milik nelayan setempat. Foto: nad
HUJAN lebat disertai angin kencang melanda sejumlah kawasan di Karangasem, Selasa (23/2/2021) dini hari. Di Desa Bunutan, pohon beringin besar di pinggir pantai juga tumbang dan menghajar tiga jukung milik nelayan setempat. Foto: nad

KARANGASEM – Hujan lebat disertai angin kencang melanda sejumlah kawasan di Karangasem, yang mengakibatkan bencana pohon tumbang di beberapa tempat. Dari data BPBD Karangasem, pohon tumbang terjadi sepanjang Senin malam hingga Selasa (23/2/2021) dini hari di sembilan lokasi di Kecamatan Manggis, Abang, Bebandem dan Rendang. 

Di Banjar Dinas Seraya, Desa Antiga, Kecamatan Manggis, pohon kelapa tumbang menghantam rumah kos I Wayan Sutama. Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa ini, karena kebetulan rumah tersebut sedang kosong karena tidak ada penyewanya. Batang pohon kelapa menghancurkan atap rumah kos tersebut. 

Bacaan Lainnya

Di Banjar Segah, Desa Nongan, Kecamatan Rendang, hujan lebat disertai angin kencang juga mengakibatkan pohon kelapa tumbang dan menimpa rumah Ni Wayan Masih (65). Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa ini, tapi bagian atap rumah tersebut hancur. Penanganan pohon tumbang ini dilaksanakan oleh warga melibatkan Babinsa dan Bhabinkamtibmas setempat. 

Di Kecamatan Abang, bencana pohon tumbang terjadi di tiga lokasi antara lain Banjar Dinas Bunutan, Desa Bunutan. Sebatang pohon mangga tua berukuran besar dan pohon santan tumbang serta menimpa bangunan palinggih milik I Ketut Kasmi (65). Masih di Desa Bunutan, pohon beringin besar di pinggir pantai juga tumbang dan menghajar tiga jukung milik nelayan setempat. 

Baca juga :  Rapat Kerja Banggar DPRD-TAPD Bangli Berjalan Alot

Berdasarkan keterangan sejumlah warga di lokasi kejadian, pada Senin siang hingga malam terjadi hujan sangat lebat, dan Selasa dini hari tiba-tiba terjadi angin sangat kencang. “Kejadiannya itu sekitar pukul 03.30, saat itu saya sedang bersiap-siap untuk berangkat melaut. Tiba-tiba terdengar suara hantaman keras, begitu tiba di pantai saya melihat jukung saya dan jukung nelayan lainnya hancur tertimpa pohon beringin yang tumbang itu,” tutur I Wayan Putu Raas sambil menunjukkan jukungnya yang hancur. 

Dia melanjutkan, saat itu dia juga melihat nelayan lain yang jukungnya ikut tertimpa pohon, berusaha membantu nelayan itu agar jukungnya bisa dilepaskan dari himpitan ranting pohon tumbang. Sial, saat berupaya membantu itu, Raas malah terkena pentalan batang pohon hingga mengakibatkan jidatnya luka robek. “Kepala saya terluka,” imbuh Sekretaris Nelayan, Segara Waru Indah, Bunutan, ini. 

Kata dia, jukung yang paling parah kerusakannya adalah milik I Ketut Patri. Masih di Kecamatan Abang, satu palinggih milik I Wayan Kerta, warga Banjar Dinas Kedampal, Desa Datah rusak parah tertimpa pohon tumbang. 

“Ada banyak bencana hari ini (kemarin), dan kami sudah luncurkan seluruh anggota TRC untuk melakukan penanganan di seluruh lokasi, sekaligus melaksanakan asesmen terhadap warga yang tertimpa bencana,” kata I Putu Eka Tirtana, Sekretaris BPBD Karangasem. nad

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.