Tabanan Dorong Pengembangan UMKM di Desa

BUPATI Tabanan, I Komang Gede Sanjaya, bersama jajaran saat menyambangi kegiatan pameran UMKM di Penebel, Minggu (10/4/2022). Foto: ist

TABANAN – Bupati Tabanan, I Komang Gede Sanjaya, bersama jajaran melakukan perjalanan bersepeda motor dan turun langsung ke masyarakat, Minggu (10/4/2022). Salah satunya menyambangi kegiatan pameran UMKM di Penebel.

Sanjaya didampingi Sekda I Gede Susila dan OPD terkait, juga menyapa warga yang sedang melakukan kegiatan kursus singkat sehari merias wajah dan sanggul, serta pameran UMKM yang diselenggarakan Wisata Puri Gede Penebel bersama Salon Agung. Pameran UMKM tersebut disponsori Kementerian Pemberdayaan Perempuan di Puri Gede Penebel, Tabanan.

Bacaan Lainnya

Sanjaya pun mengucapkan terima kasih kepada pihak terkait, yang berperan serta dalam kursus singkat sehari dan pameran UMKM itu. Dia memberikan dukungan dan apresiasi kegiatan tersebut, guna meningkatkan dan membangkitkan perekonomian di desa, khususnya kepada para pelaku UMKM.

“Ada pelaku UMKM, ada unsur pelestarian adat, agama, dan budaya, khususnya dalam bidang tata rias dan lain-lain. Ini sesuai dengan visi-misi Kabupaten Tabanan, yaitu menuju Tabanan Era Baru, aman, unggul, dan madani,” ucap Sanjaya.

Menurutnya, Tabanan memiliki potensi di berbagai sektor. Apalagi orang Tabanan dikatakan sangat kreatif dan inovatif, tidak kalah dari kabupaten lainnya di Bali.

Baca juga :  Karena Ini, Lima Guru di Kintamani Batal Divaksin Covid-19

“Pemkab Tabanan senantiasa mengoptimalkan dalam membangun infrastruktur, sehingga semua jalan yang ada di Kabupaten Tabanan di-hotmiks. Tidak ada keluhan lagi di masyarakat,” ujarnya.

Sanjaya menyebut dalam program tahun kedua, baru dikaji agar sesuai dengan Asta Program Pemkab. Salah satunya adalah mendorong dan mengembangkan kegiatan UMKM, khususnya di desa.

Untuk mewujudkan hal tersebut, dia beserta jajaran kerap melakukan kegiatan ‘ngantor di desa’, dengan tujuan untuk melihat berbagai potensi yang ada di desa.

Sementara tim dari Wisata Puri Gede Penebel menyampaikan apresiasi kepada Bupati Tabanan beserta jajaran, atas dukungan dalam kegiatan UMKM tersebut.

Pihaknya berharap, kegiatan seperti ini terus berlanjut, dan selalu mendapatkan dukungan dari pemerintah dalam mendukung UMKM Bali Bangkit, serta melestarikan etika tata rias busana adat Bali. gap

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.