Bupati Suwirta Ajak Perbekel Gali Potensi Desa

  • Whatsapp
BUPATI Suwirta melantik perbekel terpilih untuk masa jabatan tahun 2020-2026 di Kabupaten Klungkung, Selasa (6/10/2020). Foto: ist
BUPATI Suwirta (kiri) saat melantik perbekel terpilih untuk masa jabatan tahun 2020-2026 di Kabupaten Klungkung, Selasa (6/10/2020). foto: ist

KLUNGKUNG – Sebanyak 22 perbekel terpilih untuk masa jabatan tahun 2020-2026 di Kabupaten Klungkung resmi dilantik pada Selasa (6/10/2020). Pelantikan dilakukan oleh Bupati Klungkung, I Nyoman Suwirta, bertempat di TOSS Center Karangdadi, Desa Kusamba.

Hadir dalam kesempatan tersebut Ketua TP PKK Kabupaten Klungkung, Ayu Suwirta; dan Wakil Bupati Klungkung, I Made Kasta; serta Ketua DPRD Kabupaten Klungkung, Anak Agung Gde Anom.

Bacaan Lainnya

Kadis Pemberdayaan Masyarakat, Pemerintahan Desa dan Pengendalian Penduduk Klungkung, I Wayan Suteja, menyampaikan, jumlah perbekel yang dilantik berjumlah 22 orang. Acara pelantikan menerapkan protokol kesehatan pencegahan Covid-19. Setiap perbekel yang baru hanya diperbolehkan membawa tiga orang pendamping dalam menyaksikan acara pelantikan tersebut.

“Selama acara pelantikan berlangsung, undangan, perangkat desa, dan instansi terkait dapat menyaksikan acara ini dengan menggunakan aplikasi video conference,” ucap Suteja.

Adapun perbekel yang dilantik untuk Kecamatan Klungkung meliputi Perbekel Desa Jumpai, Desa Gelgel, dan Desa Tangkas. Untuk Kecamatan Nusa Penida yakni Perbekel Desa Tanglad, Desa Kutampi, Desa Jungutbatu, Desa Klumpu, Desa Ped, Desa Batununggul, dan Desa Batukandik.

Untuk wilayah Kecamatan Banjarangkan adalah Perbekel Desa Timuhun, Desa Takmung, Desa Tohpati, dan Desa Tusan. Sementara di Kecamatan Dawan meliputi Perbekel Desa Pesinggahan, Desa Sampalan Klod, Desa Sampalan Tengah, Desa Paksebali, Desa Kampung Kusamba, Desa Dawan Klod, dan dan Desa Sulang.

Baca juga :  Muncul Baliho Sudutkan Klian Adat Kubutambahan, Polemik Lahan Bakal Lokasi Bandara

Bupati Suwirta dalam sambutannya menyampaikan materi yang berjudul menuju Desa Maju dan Mandiri, dengan harapan melalui materi yang disampaikan dapat digunakan sebagai motivasi dalam melaksanakan tugas di desa dengan baik.“Semua orang mempunyai kemampuan dan potensi, hanya tidak semua orang memiliki kesempatan dan ruang. Jadi, kepada para perbekel, mari pergunakan ruang yang ada untuk menggali potensi dan kemampuan di desa masing-masing,” ujarnya.

Suwirta mengingatkan agar semua perbekel di Kabupaten Klungkung dapat menginventarisasi permasalahan dan potensi yang ada di desa masing-masing dan meminta agar beberapa regulasi yang ada seperti Pergub dan Perbup agar dapat dilaksanakan dengan baik di desa.

Terkait tentang pengelolaan sampah, Bupati meminta kepada semua desa di Kabupaten Klungkung agar pada tahun 2021 sudah dapat mengolah sampah pada sumbernya di Tempat Olah Sampah Setempat (TOSS) di desa masing-masing. Para perbekel dan perangkat desa dapat berkonsultasi dengan Dinas Lingkungan Hidup dan Pertanahan mengenai cara mengelola sampah dari sumbernya. Ia mengharapkan agar perangkat desa dapat menyediakan tempat di desa untuk pembangunan TOSS tersebut. 022

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.