Kendalikan Pencemaran Lingkungan, Ini yang Dilakukan Desa Pejeng

  • Whatsapp
WAKIL Bupati Gianyar, AA Gde Mayun, meresmikan TPS3R Desa Pejeng, Tampaksiring, Selasa (6/10/2020). Foto: adi
WAKIL Bupati Gianyar, AA Gde Mayun, meresmikan TPS3R Desa Pejeng, Tampaksiring, Selasa (6/10/2020). Foto: adi

GIANYAR – Sebagai upaya mengendalikan pencemaran dan kerusakan lingkungan serta membantu menanggulangi masalah sampah, Desa Pejeng, Tampaksiring membangun Tempat Pengelolaan Sampah (TPS) berbasis 3R yakni reuse, reduce, recycle (pakai kembali, kurangi, dan daur ulang). Peresmian TPS dilaksanakan, Selasa (6/10/2020) oleh Wakil Bupati Gianyar, AA Gde Mayun.

Perbekel Desa Pejeng, Tjokorda Agung Kusuma Yuda P., mengatakan, TPS 3R dibangun karena selama ini persoalan sampah di Pejeng sangat memprihatinkan. Produksi sampah tiap hari mencapai 600- 700 kg, yang berasal dari rumah tangga, pasar dan upacara agama. “Sampah pasar yang paling sulit ditangani, sedangkan untuk sampah rumah tangga sebagian ada dibuang di halaman belakang rumah. Makanya kami memutuskan membangun TPS berbasis 3R yang dananya bersumber dari desa,” terangnya. 

Bacaan Lainnya

Pembangunan TPS itu, jelasnya, bersumber dari APBDes Pejeng tahun 2019 senilai Rp317,204 juta. Pada tahun 2020 anggaran ditambah untuk pembangunan fisik senilai Rp94,97 juta, belanja mesin Rp123 juta, dan operasional penanganan sampah senilai Rp279 juta. Dia mengakui biaya memang cukup besar untuk pembangunan, tapi dia optimis pembangunan nonfisik memberi dampak positif jangka Panjang. “Kami yakin Desa Pejeng bebas dari penyakit yang diakibatkan lingkungan yang tidak sehat,” serunya.

Baca juga :  Dihadiri Rai Iswara, Donor Darah Golkar Rasa Pamer Calon Pilkada Denpasar

Dengan adanya TPS 3R ini, kata dia, Pejeng bisa mengelola sampah sendiri dan tidak sampai mengirim ke tempat pembuangan sampah di wilayah lain. Untuk mendukung program TPS ini, dia bilang pihak desa membentuk kader kebersihan yang bertugas memberi pemahaman memilah sampah organik dan nonorganik.

Wakil Bupati AA Gde Mayun dalam kesempatan itu menyampaikan apresiasi pembangunan TPS Desa Pejeng. Hal tersebut menunjukkan semangat masyarakat Pejeng mendukung program Pemkab Gianyar dalam memerangi sampah. Kata dia, TPS 3R merupakan sistem pengelolaan dan teknologi pengolahan sampah, yang dapat dijadikan solusi mengatasi persoalan sampah.

“Pemkab berharap dengan adanya TPS 3R dapat mengubah sampah menjadi material yang tidak berbahaya bagi lingkungan hidup, serta memiliki nilai ekonomis bagi masyarakat di Desa Pejeng,” cetusnya didampingi Plt. Kepala Dinas Lingkungan Hidup Gianyar, I Wayan Kujus Pawitra. 011

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.