Songsong Pemilu 2024, PSI NTB Fokus Benahi Struktur Partai

  • Whatsapp
Dian Sandi Utama (DSU). Foto: rul
Dian Sandi Utama (DSU). Foto: rul

MATARAM – Usai Pemilu 2019, Partai Solidaritas Indonesia (PSI) NTB mulai menyiapkan diri untuk Pemilu 2024. Pembenahan dilakukan secara masif mulai jenjang DPW, DPD, DPC hingga DPRT di 10 kabupaten/kota di NTB.

Ketua DPW PSI NTB, Dian Sandi Utama, mengatakan, persiapan partai dimulai dari pembenahan struktur. Untuk itu, dia fokus mencari kader terbaik untuk masuk dalam kepengurusan partai. Sebab, kemenangan Pemilu 2024 akan ditentukan oleh perubahan struktur.

Bacaan Lainnya

“Saat ini PSI NTB fokus menjaring kader muda dan kaum urban untuk bergabung. Intinya, PSI itu rumah untuk siapa saja,” ujarnya, Kamis (2/12/2021).

Menurutnya, tantangan ke depan akan lebih berat untuk partainya. Sebab, sesuai hasil Pemilu 2019 lalu, PSI belum mampu mendudukkan wakil mereka di DPRD provinsi maupun di DPRD 10 kabupaten/kota di NTB. Hanya, meski baru dua bulan menakhodai PSI NTB, dia mendaku justru optimis mampu berbuat lebih banyak.

Alasannya, dia mampu membentuk delapan DPD PSI di NTB. Yang dia banggakan, struktur partai banyak diisi para kaum milenial. “Yang belum sisa Kabupaten Sumbawa dan Kota Bima saja. Untuk delapan daerah lainnya, alhamdulillah sudah tuntas hingga tingkat kecamatan (DPC) dan anak ranting (DPRT),” urai pria yang biasa disapa DSU itu.

Baca juga :  Ketua Harian Gugus Tugas Covid-19 Bali Kunjungi Posko di Akah, Klungkung

Terkait dua wilayah yang belum, dia menyebut karena menghendaki kepengurusan partai adalah tim yang bekerja saling menopang antarpengurusnya. Dari koordinasi terbaru yang dilakukan, dia DSU mengklaim Sumbawa sudah kelar, tinggal menunggu dia datang saja. Sementara untuk Kota Bima, sambungnya, ada beberapa data nama pengurus yang sudah masuk.

“Tapi itu yang perlu kami cek validasi orangnya. Saya sudah jadwalkan akan road show (safari) ke dua wilayah itu pada Jumat (3/12/2021) hingga Minggu (5/12/2021) untuk membereskan kepengurusannya,” janjinya.

Menatap Pemilu 2024 mendatang, dia lagi-lagi berkata sangat optimis. Sebab, hasil sejumlah lembaga survei menempatkan PSI berpeluang menjadi kuda hitam. Hal ini sesuai dengan Survei Indonesia Elections and Strategic (indEX) Research menyebutkan empat besar partai politik makin kompetitif, dan Partai Solidaritas Indonesia (PSI) yang berada di papan tengah. Hasil survei yang menempatkan PSI masuk empat besar itu, serunya, dijadikan pelecut semangat untuk terus bekerja mengkampanyekan PSI sebagai partai yang sesuai dengan jalan reformasi.

“Semua kedaulatan ada di tangan DPW, mulai pengusungan caleg dan kepala daerah. PSI itu adalah partai lokal sesungguhnya, karena DPP hanya fokus pada levelnya dan enggak mengurusi rumah tangga daerah,” pungkasnya. rul

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.