Sendratari Kolosal Siap Meriahkan Peresmian Monumen Patung Dipta

PERSIAPAN peresmian monumen patung Kapten I Wayan Dipta di Bypass Darma Giri. Foto: adi

GIANYAR – Patung Kapten I Wayan Dipta di simpang Bypass Buruan Blahbatuh akan diresmikan pada Selasa (12/2/2022). Peresmian akan dimeriahkan pagelaran kolosal yang melibatkan 300 pengisi acara dengan balutan unsur seni budaya dalam jiwa kepahlawanan dan bakti kepada Bumi Gianyar, sebagai pusat peradaban dari sejarah perkembangan adat dan budaya Bali.

Berdasarkan pantauan, Senin (11/4/2022) nampak sejumlah pekerja tengah melakukan penataan panggung untuk persiapan gladi yang dilakukan malam hari. Sejumlah pekerja juga merampungkan pendirian tenda stan untuk UMKM.

Bacaan Lainnya

“Peresmian akan diisi penampilan seni budaya mulai dari tari-tarian, gamelan, peragaan melukis perjuangan Kapten I Wayan Dipta, peragaan busana dan sebagainya. Semua digarap tim kreatif Pemkab,” ujar Kabag Tapem Setda Gianyar, I Nyoman Wenaya Adiwirata.

Semua pagelaran itu, jelasnya, mengusung konsep akulturasi koreografi yang akan disajikan dalam kemasan kepahlawanan. Kemudian dituangkan dalam sajian nilai-nilai estetika seni dan budaya menjadi satu kesatuan dalam menciptakan suatu prosesi peresmian Patung Pahlawan Kapten I Wayan Dipta. Pagelaran diklaim akan menjadi balutan agung, berwibawa, dan mempunyai nilai-nilai seni serta jiwa kepahlawanan.

“Para seniman yang akan tampil dari semua unsur kurang lebih 300 orang untuk mengisi acara, baik dari suguhan, akulturasi, ataupun hiburan lainnya yang menjadi satu kesatuan. Judul garapannya masih rahasia, masyarakat bisa langsung menyaksikan,” sebutnya.

Baca juga :  Suwirta Teken Kerja Sama Pengembangan Energi Baru Terbarukan

Puncak HUT ke-251 Kota Gianyar yang mengambil tema “Budaya Pramaning Pawangunan Gianyar” itu akan dilaksanakan pada tanggal 19 April 2022, diisi dengan apel HUT. Sementara untuk aneka lomba ada juga yang digelar setelah 19 April 2022.

Panitia telah menggelar rapat finalisasi peringatan HUT Kota Gianyar bersama Asisten I Setda Gianyar, Selasa (29/3/2022). “Semoga semuanya berjalan sesuai rencana, dan jika ada perubahan tentu akan segera kami komunikasikan dengan pimpinan,” sambung Wenaya.

Sebagai catatan, anggaran pembuatan Taman Patung Kapten I Wayan Dipta ini senilai Rp4,466 miliar dari APBD Gianyar tahun 2021. Kontraktornya adalah PT Sida Dadi Prakanti dan Konsultan Perencana PT Tata Rencana Hijau, dan Konsultan Pengawas PT Kencana Adhi Karma. Total tinggi patung dari dasar setinggi 13,5 meter, digarap pematung Nyoman Sudarwa asal Desa Panarukan, Kerambitan, Tabanan. adi

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.