Seminar “D’Banjar Ekonomi Gotong Royong Ala Bli Mangde”, Sistem Gotong Royong Dongkrak Perekonomian Masyarakat

SEMINAR “D’Banjar Ekonomi Gotong Royong Ala Bli Mangde” yang digelar anggota DPRD Kota Denpasar, I Nyoman Gede Sumara Putra, di Banjar Pohgading, Desa Ubung Kaja, Denpasar Utara. Foto: ist
SEMINAR “D’Banjar Ekonomi Gotong Royong Ala Bli Mangde” yang digelar anggota DPRD Kota Denpasar, I Nyoman Gede Sumara Putra, di Banjar Pohgading, Desa Ubung Kaja, Denpasar Utara. Foto: ist

DENPASAR – Anggota DPRD Kota Denpasar, I Nyoman Gede Sumara Putra, menyakini gotong royong sangat bermanfaat di semua bidang kehidupan tak terkecuali dalam bisnis. Konsep gotong royong ini diyakini pula menghadirkan pandangan baru yang dapat mengembangkan bisnis dan menginspirasi langkah yang tepat untuk mengembangkan bisnis yang kreatif, cerdas, dan inovatif.

‘’Gotong Royong adalah salah satu solusi yang tepat untuk menyelesaikan masalah dalam membangun sebuah usaha yang biasanya terkendala dalam modal, waktu, produk dan lain-lain. Dengan gotong royong kita akan memiliki hubungan atau koneksi yang luas sehingga usaha atau bisnis bisa berjalan dengan baik dan berkembang,’’ ujarnya saat seminar “D’Banjar Ekonomi Gotong Royong Ala Bli Mangde” di Banjar Pohgading, Desa Ubung Kaja, Denpasar Utara.

Bacaan Lainnya

Saat seminar itu, politisi PDIP ini juga menawarkan sebuah konsep gotong royong melalui usaha kuliner  “GoBak” yaitu sebuah usaha kuliner makanan babi guling khas Bali, yang dibuka dengan slot mulai 500 ribu. ‘’Kita akan mendapatkan kerjasama sebuah usaha yang nantinya akan mendapatkan income serta laporan keuangan yang transparan,’’ ucap Bli Mangde panggilan akrab Sumara Putra.

Baca juga :  Tabrakan Maut di Baturiti, Sopir Bus Ditetapkan Sebagai Tersangka

Acara yang digelar pada Minggu (22/5/2022) itu, diikuti ibu-ibu PKK Banjar Pohgading serta Sekaa Teruna Semadi Dharma Putra Banjar Pohgading. Seminar diawali sambutan dari Kelian Banjar Pohgading, AA Ketut Mandira, yang mengapresiasi seminar ini karena  dinilai sangat bermanfaat baik untuk mendongkrak perekonomian masyarakat Ubung Kaja, khususnya di Banjar Pohgading.

Seminar juga menampilkan AA Made Suarta mewakili anggota DPR RI, I Gusti Agung Rai Wirajaya. Ia mengatakan, gotong royong merupakan budaya bangsa Indonesia yang mengakar kuat dan menjadi identitas bangsa.  Semangat gotong royong ini dibangun dari semangat masyarakat Indonesia untuk mengejar kemajuan pascakeluar dari penjajahan.

‘’Gotong royong merupakan modal sosial yang menurut Ir. Soekarno,  proklamator kita sebagai jati diri bangsa yang tetap relevan di masa kini dan perlu ditanamkan kepada generasi muda agar semangat itu terus hidup,’’ serunya.

Pembicara lain, AA Marjaya dan I Nyoman Sukerta dari Dinas Sosial Kota Denpasar, mengatakan, terkait ekonomi gotong royong, Dinas Sosial Kota Denpasar memiliki program Kelompok Usaha Bersama (KUB). Lewat KUB ini masyarakat terutama ibu-ibu akan dilatih untuk meningkatkan pendapatan perekonomian keluarga.

Pembicara dari Bank BPD Bal pada kesempatan tersebut diwakili oleh Kepala Cabang Pembantu Ubung, Kadek Marlon, menjelaskan tentang Kredit Usaha Rakyat (KUR).  tra

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.