Salinan DPT Tabanan Diserahkan ke PPS

  • Whatsapp
KOMISIONER KPU Tabanan, I Ketut Sugina, ketika mendistribusikan salinan DPT ke petugas PPS, di KPU Tabanan, Jumat (23/10/2020). Foto: gagah
KOMISIONER KPU Tabanan, I Ketut Sugina, ketika mendistribusikan salinan DPT ke petugas PPS, di KPU Tabanan, Jumat (23/10/2020). foto: gagah


TABANAN – Usai daftar pemilih tetap (DPT) oleh KPU Tabanan, salinan DPT segera diumumkan panitia pemungutan suara (PPS) di masing-masing kantor desa, balai banjar, dan tempat umum yang strategis. “Sesuai dengan PKPU No. 5 tahun 2020, salinan DPT kami distribusikan ke PPS,” ungkap anggota KPU Tabanan, I Ketut Sugina, Jumat (23/10/2020).

Menurut Sugina, KPU Tabanan membuat  timeline  (linimasa) distribusi DPT kepada PPS untuk selanjutnya diumumkan mulai 28 Oktober 2020. KPU menetapkan DPT Pilkada Tabanan 2020 pada 16 Oktober 2020, yakni sebanyak 362.813 pemilih, terdiri dari atas 178.411 pemilih laki-laki dan 184.402 pemilih perempuan. Semua pemilih tersebut, kata Sugina, tersebar di 1.130 TPS di 133 desa, di 10 kecamatan yang ada di Kabupaten Tabanan.

Bacaan Lainnya

Sehari setelah penetapan, KPU mulai melakukan pencetakan DPT menjadi rangkap tiga. Jumat kemarin semua selesai dan siap didistribusikan ke PPS melalui PPK. Sugina menyarankan sebelum pendistribusian DPT ke PPS untuk ditempel, agar PPK dan PPS mengecek dahulu hasil cetakannya.

“Sengaja kami distribusikan lebih awal, sehingga jajaran kami bisa melakukan pemeriksaan ulang  lebih dahulu sebelum DPT diumumkan ke publik. Siapa tahu ada yang tertukar atau cetakan tidak bagus, jadi ada cukup waktu untuk melakukan cetak ulang,” ungkapnya.

Baca juga :  Minim Pemahaman Protap, Penjagaan di Gilimanuk Mudah Ditembus Penumpang Zona Merah

Karena penyampaian DPT ke PPS paling lambat 26 Oktober, sambungnya, masih ada waktu tiga hari PPK untuk melakukan pengecekan hasil cetakan DPT. Dia berujar akan menjadwalkan pengumuman dan penempelan DPT serentak pada 28 Oktober. DPT yang dicetak sebanyak tiga rangkap, dengan tidak menampilkan NIK secara utuh untuk melindungi informasi pribadi pemilih.

Salinan tersebut, cetusnya, satu rangkap diumumkan di 133 kantor desa di Tabanan. Satu rangkap berikutnya diumumkan di balai banjar atau tempat strategis lainnya, dan satu rangkap lainnya untuk arsip PPS. Dengan mengumumkan dan menempelkan salinan DPT, imbuhnya, masyarakat dapat mengetahui apakah sudah terdaftar dan terdaftar di TPS mana. “Kami harap masyarakat ikut berperan aktif dalam mengetahui dan menggunakan hak pilihnya pada 9 Desember 2020 nanti,” pesannya bernada harap. gap

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.