Saat Umanis Galungan, Kunjungan Wisatawan Domestik Meningkat ke Taman Ujung

  • Whatsapp
TAMAN Soekasada Ujung, Karangasem, ramai dikunjungi wisatawan domestik saat Umanis Galungan, Kamis (17/9). Foto: nad
TAMAN Soekasada Ujung, Karangasem, ramai dikunjungi wisatawan domestik saat Umanis Galungan, Kamis (17/9). Foto: nad

KARANGASEM – Hari Umanis Galungan menjadi berkah bagi pengelola objek wisata yang belakangan sepi pengunjung karena efek wabah Corona. Salah satunya Taman Soekasada Ujung, Karangasem dengan tingkat kunjungan wisatawan cukup menggembirakan.

Ida Made Alit selaku pengelola Taman Soekasada Ujung menuturkan, objek tersebut merugi akibat tutup selama beberapa bulan. Kini dengan adanya kenormalan baru, apalagi momen hari raya seperti ini, dia berkata saya mensyukuri banyak kunjungan domestik. “Saya tadinya sudah pasrah, sampai berpikir untuk merumahkan beberapa karyawan, syukur tidak jadi,” kisahnya, Jumat (18/9).

Bacaan Lainnya

Pertimbangan hendak merumahkan karyawan, sebutnya, karena sepinya pengunjung tidak sepadan dengan pengeluaran atau biaya operasional. Termasuk pemeliharaan peninggalan kerajaan bersejarah yang di dalam Taman Ujung, dengan nilai per bulan mencapai ratusan juta rupiah. Dia berharap membaiknya kunjungan wisatawan tersebut bisa bertahan sampai bulan Desember.

“Momen hari raya ini kunjungan domestik lumayan meningkat dibanding hari biasa, meski sangat jauh jika dibanding hari sebelumnya. Paling tidak membantu dengan tidak adanya tamu asing,” cetusnya.

Lebih jauh diutarakan, beberapa seniman musik, antara lain Dewa Budjana, datang berkunjung ke Taman Ujung. Dia memainkan musik di Bale Kambang. Menurutnya, sejumlah seniman datang karena menganggap Taman Ujung sakral. Lewat seni mereka mendoakan supaya Bali bisa selamat dan cepat terhindar dari Corona.

Baca juga :  Pasien Meningkat, RSUD Klungkung Gunakan Ruang VIP Tempat Isolasi, Segera Rekrut Tenaga Perawat

Salah satu pengunjung, Gede Sanjaya, mendaku tidak takut mengunjungi Taman Ujung walauapun sedang ada pandemi global. Alasannya, Taman Ujung sudah menjalankan protokol kesehatan dengan baik.

Selain dia memakai masker, wastafel untuk cuci tangan juga tersedia di banyak tempat di Taman Ujung juga membuatnya merasa aman. “Saya ke sini karena jenuh di rumah, juga karena Hari Raya Umanis Galungan. Jadi saya sekalian ajak keluarga jalan-jalan,” sebutnya. nad

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.