Rumah Warga di Badung Diserbu Ulat Bulu

WARGA membasmi ulat bulu dengan cara disemprot dan dibakar. Foto: nas

MANGUPURA – Warga di Banjar Cica, Kelurahan Abianbase, Kecamatan Mengwi, Badung disibukkan dengan serbuan ulat bulu, Senin (21/3/2022). Penyemprotan menggunakan pestisida dilakukan dalam beberapa tangki, tapi tak jua sirna.

Beberapa warga setempat mulai gelisah akibat ulat dengan nama latin Thaumetopoea Pityocampa masuk ke rumah warga hingga ke dalam ruangan. Setidaknya ada empat rumah warga yang menerima “tamu tak diundang” itu.

Bacaan Lainnya

I Nyoman Oka Dana, salah seorang warga setempat, menuturkan, serbuan ulat bulu baru diketahui pagi kemarin sekitar pukul 08.00 Wita. Untuk membasmi ulat yang membuat gatal itu, dia langsung melakukan penyemprotan. “Tadi pagi saya baru tahu, sudah saya semprot. Untuk mencari obat penyemprotan sangat susah karena ulatnya tidak mati,” keluhnya.

Akibat serbuan ulat itu, penghuni sampai meninggalkan rumah dan pulang ke kampung halaman. Diduga ulat bulu itu datang dari salah satu pohon, dan warga berinisiatif membakar pohon tersebut. “Dua hari yang lalu masih hijau pohon itu, tapi sekarang sudah kering dan banyak ulatnya,” ungkap Oka Dana.

Membasmi dengan cara penyemprotan, dia mengaku sampai menghabiskan delapan tangki. Hanya, sampai saat ini ulat bulu masih banyak terdapat di areal pohon tersebut, begitu juga beberapa bagian rumahnya.

Baca juga :  Wakili Gianyar di PKB, Ratusan Seniman Divaksin

Untuk membunuh ulat di bagian atas pohon, dia sampai membakar bagian bawah pohon. “Adanya bencana ini, kami sangat berharap mendapat bantuan dari instansi terkait, mengingat ini sudah membahayakan warga,” pintanya.

Kepala Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Badung, Wayan Wijana, yang dimintai konfirmasi, berujar menerjunkan tim ke lokasi untuk membantu masyarakat mengatasi hama ulat bulu. “Saat ini sedang melakukan upaya penyemprotan dengan obat hama ulat,” ucapnya.

Petugas Dinas Pertanian dan Pangan serta POPT BPP Mengwi, imbuh mantan Kabag Organisasi ini, juga sedang melakukan pengendalian terhadap hama ulat bulu yang menyerang rumah warga di Kelurahan Abianbase, Kuta Utara.

Ada tiga rumah yang diserang ulat bulu, satu rumah sedang ditangani, dua rumah lainnya sedang tidak ada pemilik di rumah. Semuanya sudah dikoordinasikan dengan aparat setempat.

Menurutnya, hama ulat bulu yang menyerang pemukiman warga bersarang di pepohonan rimbun yang tumbuh di lahan kosong. Jenis ulat bulu ini juga sering menyerang tanaman perkebunan. “Jenisnya ulat bulu yang sering menyerang daun tanaman keras. Kemungkinan ada sarangnya di pohon besar di samping rumah pemilik,” duganya.

Berdasarkan hasil pengamatan petugas di lapangan, hama ini muncul akibat cuaca yang mendukung berkembang biak. “Kami mengimbau masyarakat tetap menjaga kebersihan lingkungan untuk menghindari ulat bulu berkembang biak di sekitar perumahan warga,” pesannya. nas

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.