Putri Koster Ajak Masyarakat Manfaatkan Pekarangan Rumah Lakukan Ini di Tengah Pandemi

  • Whatsapp
KETUA Tim Pengerak PKK Provinsi Bali, Putri Koster. Foto: ist
KETUA Tim Pengerak PKK Provinsi Bali, Putri Koster. Foto: ist

DENPASAR – Ketua Tim Pengerak PKK Provinsi Bali, Putri Koster, mengajak seluruh masyarakat untuk mengambil hikmah dari pandemi Covid-19. Menurutnya, sekarang masyarakat juga bisa menyiapkan diri dengan menafaatkan pekarangan rumah.

“Kita tidak tahu apa yang akan terjadi ke depan, dan dengan menanam tumbuhan sayur dan bumbu dapur misalnya, kita sudah membantu menghemat keuangan keluarga,” jelasnya di Denpasar.

Bacaan Lainnya

Dengan demikian, lanjut dia, maka saat sulit seperti ini, beban masyarakat menjadi sedikit lebih ringan dan hanya memikirkan makanan pokok saja, seperti beras yang bahkan dalam waktu dekat akan dibagikan oleh pemerintah.

Mengenai makanan pokok masyarakat, yaitu beras, pendamping orang nomor satu di Bali itu juga mempunyai pandangan lain. Menurutnya, sudah saatnya masyarakat Bali tidak tergantung pada beras sebagai pemenuhan karbohidrat. Saat ini, di Bali sedang panen jagung besar-besaran, itu bisa sebagai pengganti nasi. Bahkan, menurutnya, di Desa Sembiran tempat asal Gubernur Bali, masyarakatnya sudah terbiasa mengkonsumsi singkong sebagai makanan utama.

Selain pentingnya bersikap kreatif memanfaatkan lahan di rumah, Putri Koster juga mengajak masyarakat terutama ibu-ibu untuk menjadikan kreativitas itu sebagai kegiatan yang positif. “Jika kita berhasil mengubah halaman kita, kita ajak tetangga kiri kanan untuk melakukan hal yang sama, saya yakin tidak lama lagi pekarangan rumah masyarakat Bali menjadi hijau dan bermanfaat,” jelasnya.

Baca juga :  Tebing Longsor di Jalur Gitgit, Lalin Lumpuh 30 Menit

“Kreativitas juga diperlukan dalam mengolah hasil kebun, seperti cabai jika berlimpah dan tidak bisa dijual jangan dibuang dulu, namun bisa dimanfaatkan sebagai cabai kering atau botolan yang bisa dikonsumsi nanti,” ungkapnya.

Di saat pandemi seperti sekarang, Putri Koster juga menekankan pentingnya berbagi. “Jika ada ibu-ibu yang punya cabai secara berlimpah, boleh tengok lima tetangga kiri dan kanan, apakah mereka juga sudah punya, jika belum kita bisa berbagi ke mereka,” tambahnya.

Tidak hanya cabai, namun juga bisa untuk sayur, bumbu bahkan beras. Ia menyadari saat ini adalah masa yang sulit untuk semua, pemerintah juga sudah sangat fokus menangani pandemi ini. Sehingga, ia mengajak masyarakat untuk tetap berkontribusi dengan mematuhi imbauan pemerintah dengan berdiam diri di rumah. “Mari kita diam di rumah dengan melakukan kegiatan yang bermanfaat juga,” pungkasnya. 019

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.