Pustaka Karangasem Lombakan Melukis Seribu Wajah Bung Karno

  • Whatsapp
DINAS Perpustakaan dan Kearsipan (Dispustaka) Karangasem bekerja sama dengan Komunitas Literasi Karangasem (KLK) menggelar lomba melukis seribu wajah Bung Karno memeriahkan Bulan Bung Karno dan HUT Kota Amlapura. Foto: ist
DINAS Perpustakaan dan Kearsipan (Dispustaka) Karangasem bekerja sama dengan Komunitas Literasi Karangasem (KLK) menggelar lomba melukis seribu wajah Bung Karno memeriahkan Bulan Bung Karno dan HUT Kota Amlapura. Foto: ist

KARANGASEM – Para siswa SD/MI di Karangasem mendapat media untuk memeriahkan Bulan Bung Karno dan HUT Kota Amlapura pada tahun 2021, dengan mengikuti lomba melukis seribu wajah Bung Karno. Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Dispustaka) Karangasem bekerja sama dengan Komunitas Literasi Karangasem (KLK) menjadi prakarsa kegiatan tersebut.

Kepala Dispustaka Karangasem, I Wayan Astika, Minggu (6/6/2021) mengatakan hal itu di sela-sela penataaan koleksi Pojok Bung Karno di kantornya. Selain lomba melukis seribu wajah Bung Karno, Dispustaka-KLK disebut akan mengadakan lomba mewarnai gambar Bung Karno dengan peserta dari anak-anak TK/PAUD. Kegiatan lainnya, menyuguhkan kepada pemustaka/pengunjung perpustakaan di ruang layanan perpustakaan berbagai koleksi buku dengan konten Bung Karno yang dikemas dalam Pojok Baca Bung Karno. 

Bacaan Lainnya

Kepala Bidang Pengembangan Perpustakaan dan Pembudayaan Kegemaran Membaca Dispustaka, I Ketut Suardana, menambahkan, kriteria penilaian adalah ide (kesesuaian tematik konseptual), kreativitas (keunikan dan daya cipta) dan harmoni (komposisi bentuk dan warna). Peserta melukis di atas kertas gambar ukuran A4, dan warna lukisan bebas.

Sedangkan lomba mewarnai gambar Bung Karno, dengan tema Nasionalisme Jiwa NKRI dengan persyaratan ukuran kertas gambar ukuran A4, warna crayon, dan gambar disediakan panitia. “Kriteria penilaian meliputi finishing (kerapian dan kebersihan), motorik (kecermatan/ketelitian) dan harmoni (komposisi warna),” jelasnya. 

Baca juga :  Hantam Truk, Pelajar SMA Tewas

Peserta lomba mewarnai memperlihatkan proses pengerjaan mewarnai utuh dalam bentuk rekaman video. Karena masih suasana pandemi Covid-19, media yang dilombakan dikirim kepada panitia secara daring melalui email dispustaka21@gmail.com paling lambat 21 Juni mendatang. 

“Para pemenang I-III akan memperoleh hadiah berupa uang pembinaan dan souvenir. Sementara penetapan dan penyerahan hadiah para pemenang akan dilakukan bertepatan dengan hari wafatnya Bung Karno tanggal 21 Juni mendatang,” ulasnya.

Untuk Pojok Baca Bung Karno, dijelaskan Astika, menyediakan pelbagai buku Bung Karno. Salah satunya adalah yang berjudul “Di Bawah Bendera Revolusi”. Bagi masyarakat yang memiliki buku konten Bung Karno, dia minta kesediaannya untuk meminjamkan kepada Dispustaka agar ditampilkan dalam Pojok Baca Bung Karno selama Bulan Bung Karno 2021. 

Ketua Komunitas Literasi Karangasem, I Made Regeg, mengatakan, lomba melukis seribu Wajah Bung Karno dapat meningkatkan rasa nasionalisme anak dari usia dini. Bangsa yang besar adalah bangsa yang mau menghargai para pahlawannya. “Selain mengasah kreativitas dan menggali bakat anak sejak dini, lomba mewarnai bagi anak usia prasekolah juga bermanfaat melatih anak mandiri, kemampuan fokus, disiplin, lapang dada, dan berkenalan dengan lingkungan baru,” ungkapnya. nad

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar anda diproses.