Puluhan Sekolah di Karangasem Rusak Terdampak Gempa

  • Whatsapp
KONDISI salah satu sekolah di Karangasem yang rusak parah akibat gempa yang terjadi belum lama ini. Ada puluhan sekolah di bumi lahar yang rusak terdampak gempa tersebut. Foto: nad

KARANGASEM – Gempa dengan magnitudo 4.8 yang mengguncang Kabupaten Karangasem, selain merusak ratusan rumah warga, juga merusak puluhan sekolah dari skala rusak ringan hingga berat. Puluhan sekolah mulai TK, SD dan SMP tersebut tersebar di beberapa kecamatan seperti Kubu, Bebandem dan Rendang.

Demikian diutarakan Kepala Dinas Pendidikan, Kepemudaan, dan Olahraga (Disdikpora) Kabupaten Karangasem, I Wayan Sutrisna, Senin (25/10/2021).

Bacaan Lainnya

“Kerusakannya juga beragam, mulai dari rusak ringan seperti genteng terjatuh dan pecah, sampai kerusakan sedang hingga berat seperti plafon lepas dan terjatuh, dinding sekolah retak,” terangnya.

Sutrisna menyebutkan, untuk TK terdapat satu sekolah yang terdampak. Kemudian ada 30 SD Negeri, tujuh SMP Negeri dan satu SMP swasta, dengan kerusakan terbanyak berada di Kecamatan Kubu.

Berkaitan dengan hal itu, dia menginstruksiksn kepada setiap satuan pendidikan yang mengalami kerusakan ringan, agar dapat membersihkan komponen yang terjatuh supaya tidak mengganggu. Komponen bangunan seperti genteng dan plafon bisa diganti dengan menggunakan dana BOS.

Untuk kondisi bangunan sekolah yang mengalami kerusakan sedang hingga berat, sambungnya, akan dimohonkan penanganannya melalui dana APBD, BKK, DID maupun DAK.

“Untuk sementara, bangunan gedung sekolah yang mengalami kerusakan berat tidak akan digunakan dalam proses belajar mengajar. Tapi pembelajaran tatap muka (PTM) tetap dilaksanakan dengan menggunakan sif, menggunakan ruang kelas yang masih bisa dimanfaatkan. Sebab, tidak semua ruang kelas mengalami kerusakan,” kata Sutrisna. nad

Baca juga :  Wabup Kasta Apresiasi Masyarakat bikin Pengelolaan Sampah Si Otong

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.