Polsek Kintamani Ungkap Pencurian Sesari di Dua Pura

  • Whatsapp
I WAYAN Seneng (38) alias Mangku Seneng, warga Banjar Merta, Desa Awan, Kintamani, pelaku pencurian uang sesari di dua pura di wilayah Kintamani. Foto: ist

BANGLI – Tim Opsnal Reskrim Polsek Kintamani mengungkap kasus pencurian uang sesari di dua pura di wilayah Kintamani. Polisi menangkap I Wayan Seneng alias Mangku Seneng (38), warga Banjar Merta, Desa Awan, Kintamani sebagai tersangka pelakunya, Minggu (5/12/2021) sore. Hal itu diutarakan Kapolsek Kintamani, AKP Benyamin Nikijuluw, seizin Kapolres Bangli, Senin (6/12/2021).

Kapolsek membenarkan adanya pencurian sesari di Pura Bale Agung dan Pura Bujangga, Desa Awan, Kintamani, Bangli tersebut. Kata dia, pada Sabtu (4/12/2021) sekitar pukul 17.00 Wita, Jro Singgukan hendak melakukan upacara mecaru di Pura Bale Agung.

Bacaan Lainnya

Dia melihat batang pohon bunga kamboja di areal pura patah, dan menemukan topi warna hitam di dekat pohon kamboja itu. Merasa curiga, dia kemudian mengecek seputaran pura dan mendapati uang ditaksir sebanyak Rp300 ribu dalam kotak sesari sudah lenyap.

Dia kemudian mengecek isi kotak sesari di Pura Bujangga, dan uang sekira Rp100 ribu di dalamnya juga lenyap. Adanya pencurian itu kemudian dilaporkan ke Polsek Kintamani untuk mendapat penanganan lebih lanjut.

Menindaklanjuti laporan itu, jelas Kapolsek, Kanitreskrim Iptu I Gede Sudhana Putra bersama tim yang didukung Buser Polres Bangli melakukan penyelidikan. Kemudian tim memperoleh informasi, ada warga Desa Awan yang tinggal di dekat pura pernah mengenakan topi yang sama seperti topi yang ditemukan di TKP.

Baca juga :  Jadi Zona Hitam, Penyekatan Arah Denpasar Diperketat

Minggu (5/12/2021), polisi kemudian menangkap I Wayan Seneng alias Mangku Seneng, yang diduga sebagai pelaku berikut barang bukti uang sisa hasil curian di kotak sesari Pura Bale Agung dan Pura Bujangga.

Saat diinterogasi, tersangka mengakui perbuatannya itu dilakukan pada Rabu (1/12/2021) sekitar pukul 21.00 Wita. Uangnya dibelanjakan untuk kebutuhan sehari-hari, dan hanya tersisa Rp33 ribu yang disita sebagai barang bukti.

“Tersangka beraksi pada malam hari dengan cara ke dalam pura dan mengambil uang dalam kotak sesari yang tidak dikunci. Tersangka dikenakan pasal 364 KUHP, dan saat ini masih ditahan di Polsek untuk pemeriksaan lebih lanjut,” terangnya memungkasi. gia

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.