Polri: Liga 1 dan 2 Indonesia mungkin bisa Digelar 2021

  • Whatsapp
DUA pemain Bali United, Diaz Angga Putra (kiri) dan Moch Fahmi Al Ayyubi (kanan) membayangi pemain Barito Putera Abrizal Umanailo (tengah) pada pekan kedua Liga 1 Indonesia 2020, di Stadion Demang Lehman Martapura, Kalsel, Jumat (6/3/2020) malam, sebelum akhirnya liga dihentikan tanpa juara gegara dampak pandemi covid-19. foto: dok

”Tolong bersurat ke Mabes Polri, mengajukan kegiatan olahraga”

JAKARTA – Kepolisian Negara Republik Indonesia (Polri) menyatakan bahwa Liga 1 dan Liga 2 Indonesia kemungkinan bisa digelar pada tahun 2021 di tengah pandemi Covid-19.

Bacaan Lainnya

Hal itu disampaikan oleh Kepala Bidang Kerja Sama Baintelkam Polri Kombes Polisi Budi Sajidin dalam seminar daring yang diikuti di Jakarta, Rabu (3/2/2021).

“Kemarin saya mendapatkan informasi dari Asisten Operasi Kapolri Irjen Polisi Imam Sugianto yang menyatakan bahwa kegiatan liga sepak bola kemungkinan bisa dilaksanakan. Ini sudah dipertimbangkan,” ujar Budi.

Meski demikian, dia mengingatkan kembali bahwa pelaksanaan liga wajib menaati protokol kesehatan ketat demi mencegah Covid-19. Salah satu permintaan Polri adalah semua pertandingan berlangsung tanpa penonton. “Pada prinsipnya, kami sayang kepada masyarakat. Kami ingin kegiatan ini maju dan bisa berkompetisi kembali,” tutur Budi.

Pernyataan Budi jadi semacam angin segar bagi PSSI dan operator kompetisi PT Liga Indonesia Baru (LIB) karena sebelumnya Polri sama sekali tidak memberikan izin untuk menggelar Liga 1 dan 2 yang membuat musim 2020 terpaksa dihentikan total.

Menurut Budi, Polri ketika itu belum memberikan izin karena mereka menaati peraturan yang dikeluarkan oleh pemerintah dan telegram Kapolri.

Baca juga :  LIB Naikkan Subsidi Klub Liga 2 Indonesia 2020

Namun, setelah berdiskusi dengan banyak pihak termasuk Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali yang turut berkomunikasi dengan Polri, Budi menyebut Polri siap memberikan izin pelaksanaan liga.

Hal ini berlaku pula untuk cabang olahraga lainnya. Budi pun mengingatkan, seperti sepakbola, cabang-cabang olahraga lain juga harus mengajukan permohonan izin dan melampirkan beragam kelengkapan administrasi terutama dalam kaitan pencegahan Covid-19.

“Tolong bersurat ke Mabes Polri, mengajukan kegiatan olahraga. Lampirkan persyaratan-persyaratan protokol kesehatan ketat dan dilampirkan pula surat dari Satuan Tugas Penanganan Covid-19, rekomendasi KONI dan Menpora, agar nanti dibahas di Mabes Polri,” tutur Budi, yang dilansir dari antaranews.

LIB sendiri berencana menggelar Liga 1 dan Liga 2 Indonesia musim 2021 setelah Hari Raya Idul Fitri. Sebelum itu, jika izin Polri sudah keluar, PSSI dan LIB berencana melangsungkan kompetisi pramusim sebelum Lebaran. yes

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.