Pilkada Picu Situasi Lokal Menghangat

  • Whatsapp
KAPOLRES Bangli menyambangi tiga desa di wilayah Kecamatan Tembuku, Selasa (6/10/2020) malam. Foto: Ist
KAPOLRES Bangli menyambangi tiga desa di wilayah Kecamatan Tembuku, Selasa (6/10/2020) malam. Foto: Ist

BANGLI ­- Kapolres Bangli, AKBP I Gusti Agung Dhana Aryawan, menggencarkan safari kamtibmas, kali ini menyambangi tiga desa di wilayah Tembuku, Selasa (6/10/2020) malam. Perkembangan suhu politik lokal karena ada Pilkada Bangli 2020 yang diprediksi menghangat, menjadi atensi keamanan polisi.

Temu warga di Desa Undisan, Desa Tembuku dan Desa Jehem tersebut dijalankan dengan peserta terbatas, karena harus menerapkan protokol kesehatan (prokes). Yang hadir yakni perbekel, bendesa adat, kepala dusun dan beberapa tokoh adat maupun tokoh masyarakat setempat.

Bacaan Lainnya

Kapolres minta perangkat desa agar ikut menyosialisasikan atau memberi imbauan kepada masyarakat, agar bersama-sama menjaga situasi kamtibmas dalam Pilkada 2020 agar berjalan sukses dengan situasi tetap kondusif. Dia berkata, situasi politik niscaya akan menghangat selama pilkada, dan itu patut diantisipasi agar tidak menjadi gangguan kamtibmas. “Inilah tujuan kegiatan safari kamtibmas ini, untuk menyejukkan situasi dalam pelaksanaan pilkada. Beda persepsi itu hal wajar, tapi jangan dijadikan akar perpecahan,” pesannya.

Mengacu PKPU 13/2020 tentang pelaksanaan kampanye pilkada pada masa pandemi, Kapolres menyampaikan kampanye tidak boleh dilaksanakan dalam bentuk rapat terbuka. Hanya dibolehkan kampanye tertutup dengan jumlah peserta maksimal 50 orang, itu pun dengan tetap mempedomani prokes. Jika paslon melanggar ketentuan tersebut, instansi terkait yakni Bawaslu, polisi, TNI dan Satpol PP dapat membubarkan kampanye tersebut sesuai aturan yang berlaku

Baca juga :  Puluhan Anggota Polres Tabanan Ikuti Ujian Bela Diri Polri

Terkait perkembangan situasi Covid-19, dia mengimbau seluruh masyarakat mempedomani surat edaran PHDI, FKUB dan MDA dalam pelaksanaan upacara keagamaan. Begitu juga ritual adat lainnya, dengan harapan agar dapat menekan penyebaran Covid-19. 028.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.