Percepat Penanganan “Stunting”, PDIP Mataram Siapkan Menu Gizi Seimbang ke Warga

KETUA dan Sekretaris DPC PDIP Kota Mataram bersama jajaran fungsionaris DPC, Fraksi PDIP DPRD Kota Mataram dan PAC masak bersama menu berbahan nonberas di DPD PDIP NTB, Senin (23/1/2023) petang. Foto: ist

MATARAM – DPC PDIP Kota Mataram bersama dengan Fraksi PDIP DPRD Mataram melaksanakan pemberian makanan sehat bergizi bagi keluarga stunting (kurang tumbuh-kembang). Kegiatan dilangsungkan di DPD PDIP NTB di Kota Mataram, Senin (23/1/2023) petang. Selain percepatan penanganan kasus stunting, masak bersama ini sekaligus merayakan HUT ke-76 Ketua Umum DPP PDIP, Megawati Soekarnoputri.

Berdasarkan data, angka stunting di Kota Mataram kini turun menjadi 17,33 persen berdasarkan data aplikasi elektronik Pencatatan dan Pelaporan Gizi Berbasis masyarakat (e-PPGBM) per 1 September 2022. Data yang masuk berdasarkan perhitungan terakhir sudah lebih dari 94 persen.

Bacaan Lainnya

Ketua DPC PDIP Kota Mataram, Made Slamet, mengatakan, penurunan angka stunting di Ibu Kota Provinsi NTB tidak lepas dari andil dan peranan Fraksi PDIP DPRD Mataram yang terus mengawal kebijakan Pemkot Mataram. Terlebih hal itu merupakan instruksi DPP PDIP yang minta semua kekuatan partai ikut turun membantu penanganan stunting.

“DPP PDIP memberi perhatian serius dalam penanganan stunting, termasuk di Kota Mataram. Penurunan angka stunting harus terus dikawal, karena ini adalah kebijakan DPP yang wajib diamankan semua institusi partai,” kata Made di sela-sela peringatan HUT ke-76 Megawati Soekarnoputri di DPD PDIP NTB.

Baca juga :  IGK Kresna Budi: Rintis Kemandirian Listrik

Peringatan HUT ke-76 Megawati yang juga merupakan rangkaian HUT ke-50 PDIP, fokus yang dilaksanakan adalah gerakan hidup sehat secara serentak di seluruh Indonesia. Aksi bakal diwujudkan dengan membuat dapur umum dan kegiatan memasak yang melibatkan masyarakat setempat, dengan menu sajian murah meriah, sehat, dan bergizi.

Untuk itu, DPC PDIP Mataram membagikan makanan olahan dari pangan pengganti nasi atau beras. Ini tindak lanjut dari instruksi Megawati. Teknisnya, kata dia, semua DPC diharuskan memasak sesuai menu yang disepakati saat rapat harian DPC dan PAC, beberapa hari lalu.

Untuk pembagian menunya, ada siomay daging ayam (PAC Mataram), kelepon ubi ungu (PAC Sandubaya), sate ubi keju coklat (PAC Ampenan), puding jagung/labu (PAC Selaparang). “Berikutnya pangsit tahu untuk PAC Cakranegara, dan nugget tempe isi telur puyuh menjadi sajian PAC Sekarbela,” terang Sekretaris DPC PDIP Kota Mataram, Nyayu Ernawati.

Usai melakukan kegiatan masak, Nyayu yang juga Ketua Fraksi PDIP DPRD Kota Mataram bersama para kader membagikan makanan hasil olahan untuk selanjutnya dibagikan kepada masyarakat, ibu hamil, dan anak-anak.
Hal ini untuk mencegah stunting sesuai yang diinstruksikan Megawati dan terus diingatkan Ketua DPD PDIP NTB, Rachmat Hidayat.

Made menambahkan, dia bersama kader PDIP di wilayah Kota Mataram selalu memanjatkan doa agar Megawati senantiasa diberi kesehatan oleh Tuhan Yang Maha Esa.”Dengan semangat Ibu Ketua Umum, maka itu menjadi semangat luar biasa untuk selalu membimbing kami dalam mewujudkan Indonesia raya yang maju, sesuai dicita-citakan pendiri bangsa, Bung Karno,” tandas Made. rul

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.