Penuhi Kebutuhan Pangan di Masa Corona, 25 Ribu KPM di Buleleng Dapat Bantuan Beras

  • Whatsapp
DINSOS Buleleng saat mengecek kondisi beras yang akan diberikan kepada sejumlah masyarakat Buleleng. Foto: ist
DINSOS Buleleng saat mengecek kondisi beras yang akan diberikan kepada sejumlah masyarakat Buleleng. Foto: ist

BULELENG – Kementerian Sosial (Kemensos) RI memberikan bantuan beras kepada masyarakat Buleleng untuk memenuhi kebutuhan pangan di tengah situasi pandemi Covid-19. Ada 25.615 Keluarga Penerima Manfaat (KPM) di Buleleng yang menerima bantuan beras masing-masing 15 kilogram beras.

Kadis Sosial Buleleng, Putu Kariaman Putra, mengatakan, pendistribusian beras kepada masyarakat yang tercatat sebagai KPM mulai dilakukan pada Kamis (1/10/2020) hingga Selasa (13/10/2020) secara bertahap. Sejatinya, kata dia, bantuan beras ini diberikan untuk bulan Agustus hingga Oktober.Hanya saja, karena program ini baru diluncurkan oleh Pusat pada September, maka bantuan beras baru didistribusikan ke masyarakat secara bertahap.

Bacaan Lainnya

‘’Bantuan beras diberikan per bulan 15 kilogram per KPM. Tapi karena baru diluncurkan, jadi dirapel 45 kilogram,’’ ungkap Kariaman Putra, Kamis (1/10/2020).

Dia memastikan beras diterima masyarakat dalam kondisi baik dan layak dikonsumsi. Dinsos Buleleng sendiri sudah mengambil sampel beras tersebut, dengan langsung coba memasaknya dilokasi. ‘’Jika ada masyarakat menerima beras dalam keadaan rusak, kami siap mengganti,’’ katanya.

Lebih lanjut Kariaman Putra mengatakan, pendistribusian bantuan beras dilakukan oleh penyedia jasa yakni dari gudang Bulog di Provinsi Bali kepada masing-masing desa. Dinsos didampingi PKH hanya ikut mengawasi. ‘’Beras juga disuplai dari Tabanan, Jembrana, Denpasar, karena gudang Bulog di Tangguwisia tidak bisa banyak menampung beras,’’ jelasnya.

Baca juga :  Membandel, Penyelenggara Tajen Diproses Hukum

Program bantuan selama pandemi Covid-19 ini kemungkinan terus bergulir yang menyasar warga kurang mampu hingga bulan Desember 2020. “Kemungkinan ada bantuan lain lagi yang diberikan untuk masyarakat kurang mampu sampai Desember 2020 nanti. Tapi sejauh ini yang baru diluncurkan adalah program bantuan beras,” pungkas Kariaman Putra. 018

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.