Penetapan Paslon Terpilih Menanti Kabar dari MK

  • Whatsapp
I Gede Putu Weda Subawa dan Ngurah Gede Maharjana. Foto: gap/nad
I Gede Putu Weda Subawa dan Ngurah Gede Maharjana. Foto: gap/nad

TABANAN – Kabar dari Mahkamah Konstitusi (MK) menjadi gong akhir dari kepastian penetapan paslon pemenang Pilkada 2020. Meski demikian, KPU kabupaten/kota yang melangsungkan Pilkada bukan berarti bisa santai-santai. Sebab, begitu kabar dari MK diterima, tahapan penetapan harus segera dieksekusi.

Ketua KPU Tabanan I Gede Putu Weda Subawa, Jumat (8/1/2021) berkata masih harus menunggu surat untuk penetapan dimaksud dari MK. Dia memperkirakan surat dari MK akan keluar dalam pekan depan, dan maksimal lima hari setelah surat itu keluar paslon terpilih sudah harus ditetapkan. “Kalau tidak ada halangan, acara penetapan paslon terpilih akan dilaksanakan pada pertengahan Januari 2021,” ujar Weda.

Bacaan Lainnya

Sambil menunggu surat dari MK, KPU Tabanan terus berkoordinasi dengan KPU Bali. Salah satu bahasannya adalah persiapan untuk menggelar acara penetapan paslon terpilih tersebut, termasuk mengenai lokasi acara yang direncanakan di Restoran Dewi Sinta, Tanah Lot. “Untuk acara tersebut, kami juga telah melakukan persiapan. Undangan pun terbatas, karena sampai saat ini masih dalam masa pandemi Covid-19. Yang pasti kedua paslon dalam Pilkada Tabanan 2020 kami undang, dan beberapa instansi terkait lainnya,” ujar Weda.

Dia menambahkan, terkait agenda penetapan paslon terpilih, KPU memastikan akan menjalankan dengan menerapkan protokol kesehatan Covid-19, yang merupakan aturan dalam setiap penyelenggaraan tahapan pilkada kali ini. “Seperti yang sudah jadi aturan, dalam masa pandemi ini penerapan protokol kesehatan harus dijalankan,” pungkasnya.

Baca juga :  Tiga Tahun Direlokasi, Korban Bencana Yeh Mampeh Baru Dibantu Isian Hunian

Komisioner KPU Tabanan, I Ketut Sugina, yang dihubungi secara terpisah menyebut sedang bersama KPU se-Bali melakukan evaluasi di Buleleng. “Acara evaluasi di Buleleng ini diikuti semua KPU se-Bali, sekaligus persiapan penetapan paslon terpilih,” ujarnya.

Di kesempatan lain, Ketua KPU Karangasem, Ngurah Gede Maharjana, mengaku persiapan tahapan penetapan dan pelantikan pemenang Pilkada Karangasem masih dalam proses. Lembaganya tinggal menunggu terbitnya Bukti Registrasi Perkara Konstitusi dari MK pada tanggal 18 Januari. Karena paslon di Karangasem tidak ada mengajukan gugatan ke MK, maka proses penetapan paslon terpilih dapat segera dijalankan. 

“Untuk waktu penetapan, berdasarkan PKPU 5/2020, penetapan paslon terpilih maksimal lima hari setelah MK mencatat dalam BRPK,” kata Maharjana yang dihubungi via telepon, Jumat (8/1/2021).

Dia menambahkan, KPU Karangasem kemarin juga mengikuti kegiatan rakor dengan KPU seluruh Bali di Banyu Alit, Kabupaten Buleleng. Salah satu topik yang dibincangkan yakni evaluasi tahapan Pilkada dan persiapan penetapan paslon terpilih. “Intinya kami sudah persiapkan, entah dari sisi administrasi dan tempat sudah kami siapkan. Hanya tinggal menunggu jadwal dari KPU RI. Untuk sementara tempat penetapannya di Vila Taman Ujung, atau tempat lain di Karangasem,” pungkasnya. gap/nad

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.