Pembangunan Pelabuhan Sanur Dimulai, Jaya Negara Harap Jadi Destinasi Wisata Baru

  • Whatsapp
WAKIL Wali Kota Denpasar IGN Jaya Negara, saat mendampingi Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi; dan Gubernur Bali, Wayan Koster, saat peletakan batu pertama Pembangunan Pelabuhan Sanur pada Sabtu (12/12/2020). Foto: ist
WAKIL Wali Kota Denpasar IGN Jaya Negara, saat mendampingi Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi; dan Gubernur Bali, Wayan Koster, saat peletakan batu pertama Pembangunan Pelabuhan Sanur pada Sabtu (12/12/2020). Foto: ist

DENPASAR – Proyek pengembangan infrastruktur Pelabuhan Penyeberangan Laut Sanur, Kota Denpasar secara resmi dimulai pengerjaannya. Pembangunan pelabuhan yang merupakan bagian tak terpisahkan dari Proyek Pelabuhan Segitiga Emas ini ditandai dengan groundbreaking atau peletakan batu pertama oleh Menteri Perhubungan RI, Budi Karya Sumadi, di kawasan Pantai Matahari Terbit Sanur, Sabtu (12/12/2020).

Hadir dalam kesempatan tersebut Gubernur Bali, Wayan Koster; Sekda Provinsi Bali, I Dewa Made Indra; Wakil Wali Kota Denpasar, IGN Jaya Negara; Ketua DPRD Kota Denpasar, I Gusti Ngurah Gede; Pj. Sekda Kota Denpasar, Made Toya; serta undangan lainnya.

Bacaan Lainnya

Gubernur Bali, Wayan Koster, dalam pengantarnya menjelaskan bahwa Pelabuhan Sanur merupakan proyek yang tak terpisahkan dari pengembangan dua pelabuhan lainnya, yakni Pelabuhan Sampalan di Nusa Lembongan dan Pelabuhan Bias Munjul di Nusa Ceningan, Kabupaten Klungkung. Ketiga pelabuhan ini dikenal dengan Proyek Pelabuhan Segitiga Emas Bali.

Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi, mengatakan pembangunan Pelabuhan Sanur, Pelabuhan Sampalan, dan Pelabuhan Bias Munjul merupakan sebuah upaya untuk membangun transportasi terintegrasi di Bali. Diharapkan mampu memberikan kemanfaatan bagi masyarakat Bali utamanya dalam mendukung kemajuan pariwisata. Pelabuhan Sanur dibangun menggunakan APBN dengan pagu anggaran sekitar Rp398 miliar dengan skema multiyears. “Dengan adanya pelabuhan ini diharapkan mampu meningkatkan konektivitas masyarakat Bali serta mampu mendukung penguatan pariwisata di Bali, selain juga menciptakan akses bagi masyarakat Bali dan Nusa Penida,” jelasnya.

Baca juga :  Terlilit Hutang, Apel Nekat Bobol Toko

Sementara itu, Wakil Wali Kota Denpasar, IGN Jaya Negara, usai peletakan batu pertama mengatakan Pemkot Denpasar sangat menyambut baik atas realisasi pembangunan Pelabuhan Sanur. Menurutnya keberadaan pelabuhan ini nantinya akan mendukung pengembangan pariwisata selain juga sebagai upaya untuk mendukung konektivitas masyarakat dalam hal transportasi. Hal ini mengingat tingginya mobilitas masyarakat dari dan menuju Nusa Penida. Keberadaan pelabuhan ini juga untuk mendukung upacara adat keagamaan masyarakat atau spiritual.

“Tentu kami atas nama masyarakat Kota Denpasar berterima kasih sekali atas kebijakan Presiden RI melalui Kementerian Perhubungan yang telah merealisasikan pembangunan Pelabuhan Sanur ini,” kata Jaya Negara.

Lebih lanjut dikatakan, ke depan Pemkot Denpasar pun akan merancang fasilitas penunjang pelabuhan sehingga dapat memberikan kemanfaatan maksimal bagi masyarakat sekitar, UMKM, dan pelaku usaha lainnya. Salah satunya akan dibangun Patung Dewa Baruna sehingga selain menjadi akses penyeberangan juga menjadi kawasan pariwisata baru yang mendukung tumbuhnya geliat UMKM sekitar. “Dengan adanya pengembangan Pelabuhan Sanur ini tentu akan kita sinergikan, di mana kawasan pesisir ini dapat menjadi destinasi wisata baru di Kota Denpasar termasuk penataan UMKM dan industri kreatif,” pungkasnya. rap

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.